7 Cara Mudah Memperkuat Sinyal WiFi Di Rumah

7 Cara Mudah Memperkuat Sinyal WiFi Di Rumah – Sebel karena sinyal WiFi di rumah menjadi lemot? Kalau saat ini sobat sedang mengalami kejadia seperti itu, maka tak ada salahnya untuk mencoba 7 Cara Mudah Memperkuat Sinyal WiFi Di Rumah yang bisa dipraktikan dengan cukup sederhana. Langsung saja, berikut tipsnya. Semoga membantu!

1. Cari Spot Terbaik Untuk Mendapatkan Sinyal

Masalah tempat atau spot ini cukup berpengaruh dalam menjaring sinyal WiFi yang kita terima. Untuk itu, pastikan sobat memilih tempat yang tepat saat memanfaatkan sinyal WiFi. Sebisa mungkin, pilih tempat yang bebas dari hambatan atau halangan. Misalnya tidak dihalangi oleh dinding, pintu atau benda padat lainnya. Karena sinyal WiFi akan terhambat sampai ke sobat jika banyak benda padat yang menghalanginya.

7 Cara Mudah Memperkuat Sinyal WiFi Di Rumah

Advertisement

Ulasan lainnya: 4 Cara Mudah Mengaktifkan WiFi Di Laptop / Komputer

2. Rutin Menghidupkan Ulang atau Reboot Router

Agar perangkat router bisa tetap bekerja dengan baik, ada baiknya sobat secara rutin atau berkala mereboot perangkat tersebut. Hal ini bisa membuat router kembali fresh setelah sekian lama digunakan. Dengan begitu, router bisa bekerja secara optimal kembali.

3. Pastikan Posisi Router Jauh Dari Perangkat Elektronik

Kenapa router harus dijauhkan dari perangkat elektronik lain? Pasalnya, gelombang elektromagnetik yang ada pada perangkat elektronik tersebut bisa mengganggu aliran sinyal atau kualitas dari sinyal WiFi. Jadi, ada baiknya mulai sekarang sobat menempatkan router di tempat yang lebih ‘aman’, agar kualitas sinyal tidak terganggu.

4. Pasang Antena Sederhana yang Bisa Dibuat Sendiri

Untuk mensiasati agar kualitas sinyal WiFi lebih kuat tidak terpencar dan tidak menyebar kemana-mana, sobat bisa memasangkan antena sederhana yang bisa dibuat dengan barang bekas seperti kaleng bekas minuman kaleng.

Caranya, potong bagian atas dan bawah kaleng. Setelah itu potong vertikal kaleng tersebut agar terbuka dan lebarkan. Jika sudah, langsung tempatkan potongan kaleng tersebut diantara pemancar router. Gunakan penyangga, agar lempengan kaleng tidak mudah jatuh.

5. Gunakan Password yang Rumit dan Ganti Secara Berkala

Agar sinyal atau koneksi WiFi sobat tidak mudah dibobol oleh orang lain, maka pasangkanlah password yang rumit yang tidak mudah untuk dihack. Sobat bisa menggunakan sistem enskripsi WPA2 untuk mengatur password. Selain itu, ganti password tersebut secara berkala agar keamanan WiFi sobat bisa lebih terjaga dan sulit untuk dibobol.

6. Atur Bandwith

Apabila sobat menggunakan konkesi WiFi bersama orang lain, maka ada baiknya sobat mengatur penggunaan bandwith agar tidak digunakan untuk mengakses data yang bisa memperlambat sinyal WiFi. Misalnya, digunakan untuk streaming yang cukup memakan data.

7. Pilih Channel yang Kosong atau Sedikit Penggunanya

Di tempat sobat banyak orang lain atau tetangga yang memasang router WiFi? Kalau benar begitu, maka tidak menutup kemungkinan router WiFi sobat berada di channel atau saluran yang sama dengan orang lain di wilayah sobat. Hal tersebut, sedikit banyaknya bisa mempengaruhi kualitas sinyal WiFi sehingga mengalami penurunan. Untuk mensiasati hal tersebut, sobat bisa berpindah ke channel WiFi yang kosong atau yang masih sedikit penggunanya.

Nah! Itulah ulasan mengenai Cara Memperkuat Sinyal WiFi dengan sederhana yang bisa kami sampaikan untuk sobat sekalian. Semoga membantu, terima kasih! Mohon maaf jika ada kekeliruan.

Incoming search terms:

  • cara jitu agar umur hp bertahan lama
  • memperkuat jaringan wifi rumah
  • cara mwnguatkan sinyal wifi di rumah
  • cara mudah menguat kan sinyal wfi orang lain kerumah sendiri
  • cara menguatkan sinyal wifi di rumah
  • cara mendapat sinyal wifi elektronik
  • cara memperkuat sinyal wifi pada laptop
  • cara memperkuat sinyal wifi di rumah
  • cara memperkuat gelombang elektromagnetik wifi laptop
  • sinyal axioo m4u sulit
7 Cara Mudah Memperkuat Sinyal WiFi Di Rumah | Ayu | 4.5