Cara Cek iPhone Asli Atau Palsu (Replika) Dengan Mudah

Cara Cek iPhone Asli Atau Palsu (Replika) Dengan Mudah – Dikarenakan banyak beredar perangkat iPhone yang palsu (replika), maka untuk sobat yang berniat membeli perangkat tersebut harus lebih cermat ketika memilih iPhone ini. Jangan sampai tertipu! Untuk menghindari hal tersebut, setidaknya ada beberapa tips yang bisa sobat cermati ketika akan membeli iPhone Asli. Berikut tipsnya:

1. Cermati Material iPhone Yang Dipakai

Saat pertama kali akan membeli iPhone, terlebih dahulu sobat bisa mencermati material casing yang dipakai oleh perangkat tersebut. iPhone asli dibuat dari material berkualitas tinggi, seperti bahan alumunium yang dikombinasikan dengan bahan kaca bertekstur lembut / halus saat disentuh. Beda dengan iPhone palsu yang menggunakan material seadanya / berkualitas rendah. Selain itu, iPhone asli memiliki tampilan layar yang sangat jernih karena menggunakan teknologi layar retina. Tak kalah penting, sobat bisa juga mencermati tampilan logo yang presisi / rapih pada iPhone asli.

cara cek iPhone Asli

Advertisement

Lihat juga: Cara Mengetahui Smartphone Samsung Asli dan Replika

2. Cek Harga iPhone

Sebelum membeli iPhone, sobat bisa mengecek terlebih dahulu harga dari perangkat tersebut. Sobat bisa mengecek di sumber yang terpercaya, seperti website resmi atau menanyakan kepada ahlinya. Jangan tergiur oleh harga iPhone yang ditawarkan dengan harga murah atau tak wajar, karena iPhone asli terkenal dengan banderol harga yang cukup tinggi.

3. Cek No Seri dan IMEI iPhone

Advertisement

Untuk mengetahui perangkat iPhone asli atau palsu, sobat bisa melakukan pengecekan terhadap No Seri dan IMEI yang diberikan terhadap iPhone tersebut. Ada beberapa tempat untuk mengetahui IMEI pada iPhone, yakni pada kemasan / dus asli, pada perangkat juga pada menu Pengaturan. Silakan cocokan IMEI yang tertera pada kemasan dan perangkat dengan cara masuk ke menu Pengaturan (Setting) – Umum (General) – Mengenai (About) kemudian lihat IMEI yang tertera, pastikan IMEI tersebut sama atau cocok.

4.Cek Sistem Operasi (OS) Pada iPhone

Berikutnya, pastikan bahwa sistem operasi yang dijalankan oleh iPhone yang hendak sobat beli adalah sistem operasi berbasis iOS. Jika sobat menemukan iPhone yang dijalankan oleh sistem operasi selain iOS, misalnya oleh Android, maka sudah bisa dipastikan bahwa iPhone tersebut palsu. Untuk mengetahui sistem operasi yang dijalankan, sobat bisa mengeceknya di menu Setting kemudian lihat sistem operasi yang dipakai.

5. Cek Tombol Screenshoot Pada iPhone

Bagi sobat yang hendak membeli perangkat iPhone, sebelumnya bisa mengecek tombol screenshoot pada perangkat ini. iPhone asli menggunakan kombinasi tombol Home dan tombol Lock (Power) untuk mengambil screenshoot. Jika screenshoot tidak menggunakan kombinasi tombol tersebut, maka sobat perlu curiga.

6. iPhone Asli Tidak Dilengkapi Dengan Slot MicroSD

Tidak seperti kebanyakan smartphone yang dirancang dengan perlengkapan memori eksternal (microSD), smartphone jenis iPhone dirancang tanpa perlengkapan slot microSD. Jika sobat menemukan iPhone yang dilengkapi dengan slot microSD, bisa dipastikan bahwa perangkat tersebut palsu.

7. iPhone Asli Dilengkapi Dengan Retina Display

iPhone asli hadir dengan teknologi Retina Display untuk menyuguhkan sajian layar yang berkualitas tinggi. Dengan adanya Retina Display, menjadikan perangkat iPhone memiliki tampilan layar yang sangat jernih. Nah! Jika sobat menemukan iPhone, namun tampilannya cenderung buram, maka kemungkinan besar iPhone tersebut abal-abal.

Itulah beberapa tips untuk sobat yang harus diperhatikan ketika akan membeli perangkat iPhone. Cermati dan berhati-hatilah ketika akan membeli perangkat iPhone, jangan sampai kita tertipu! Semoga bermanfaat!

Cara Cek iPhone Asli Atau Palsu (Replika) Dengan Mudah | Ayu | 4.5