Cara Efektif Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root dan Dengan Root

Cara Efektif Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root dan Dengan Root – Jika kita baru saja membeli perangkat Android, disana akan terdapat beberapa aplikasi bawaan yang sudah terpasang secara preinstal. Aplikasi bawaan ini biasanya disesuaikan berdasarkan kebijakan produsen yang mengeluarkan perangkat Android tersebut, ada berbagai macam aplikasi bawaan yang menjadi pelengkap dari perangkat Android sesuai masing-masing produsen, seperti game, GPS, Messenger, Music Player dan sebagainya. Aplikasi bawaan tersebut terkenal dengan istilah Bloatware, yang berarti aplikasi yang ada secara preinstal.

Kebanyakan dari aplikasi bawaan yang ada pada perangkat Android tidak semuanya digunakan oleh setiap pengguna perangkat Android itu sendiri. Oleh karena itu, banyak dari pengguna Android yang ingin menghilangkan Aplikasi bawaan dari perangkatnya. Salah satu alasan kenapa para pengguna Android ingin menghapus aplikasi bawaan, karena aplikasi teersebut jarang terpakai dan juga untuk menghemat ruang memori yang digunakan. Namun, untuk menghapus atau menghilangkan aplikasi bawaan itu tidak semudah menghapus aplikasi dari pihak ketiga yang biasa diinstal dari PlayStore. Aplikasi bawaan tersebut sejatinya tidak bisa dihapus, akan tetapi kita bisa menonaktifkannya. Paling tidak dengan menonaktifkan aplikasi bawaan tersebut bisa lebih menghemat daya dan memori.

Cara Efektif Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Advertisement

Advertisement

Lantas bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan pada perangkat android tersebut? Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menghapus aplikasi bawaan pada Android, ada dengan cara root dan tanpa root. Berikut cara-caranya:

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan (Bloatware) Android Tanpa Root

Dengan cara ini kita bisa menonaktifkan aplikasi bawaan yang cukup memakan ruang memori dan daya. Caranya, munculkan app drawer pada menu, lalu pilih opsi hide / show apps, kemudian tentukan aplikasi bawaan yang ingin dihilangkan.

Jika cara diatas kurang menjanjikan, cobalah cara kedua berikut ini: pertama buka menu setting pada perangkat Android, kemudian pilih apps. Setelah itu tentukan aplikasi yang akan dinonaktifkan, lalu pilih disable. Nanti akan muncul peringatan tentang risiko menonaktifkan aplikasi bawaan tersebut, tetap pilih Yes maka aplikasi akan mati.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan (Bloatware) Android Dengan Root

Cara ini dilakukan apabila perangkat Android anda sebelumnya telah di-root terlebih dahulu. Jika perangkat anda sudah di-root maka menghapus aplikasi bawaan di perangkat Android akan menjadi lebih simpel. Namun untuk menghapus aplikasi bloatware tadi, anda harus menginstal terlebih dahulu aplikasi remover.

Untuk membantu anda menghapus aplikasi bawaan pada perangkat Android, anda bisa menggunakan aplikasi System App Remover (Root) yang tersedia gratis di PlayStore. Dengan aplikasi penghapus bloatware ini, menghapus aplikasi bawaan menjadi lebih mudah dan prosesnya kerjanya pun lebih cepat.

Semoga membantu!

Incoming search terms:

  • cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root
  • cara menghapus aplikasi bawaan
  • cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root
  • cara menghapus aplikasi bawaan android
  • cara hapus aplikasi bawaan android
  • cara menghapus aplikasi bawaan hp
  • cara hapus aplikasi bawaan tanpa root
  • cara hapus aplikasi bawaan android tanpa root
  • cara menghapus aplikasi bawaan hp tanpa root
  • menghapus aplikasi bawaan android
Cara Efektif Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root dan Dengan Root | Adam | 4.5