Cara Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca – Sebuah memory penyimpanan atau Memory Card (MMC) pada sebuah perangkat ponsel merupakan suatu hal yang harus ada untuk jaman sekarang ini. Apalagi dewasa ini banyak pengguna ponsel yang menggunakan ponsel berbasis smartphone yang membutuhkan media penyimpanan untuk menyimpan berbagai macam datanya. Dengan memasangkan Memory Card pada perangkat smartphone atau perangkat yang lainnya, kita bisa menyimpan berbagai macam file seperti file musik, video, document, foto dan sebagainya yang menjadi koleksi kita.

Cara Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca

Advertisement

Namun terkadang dan bahkan sering saat kita menyimpan file-file koleksi di Memory Card tersebut, file yang kita simpan susah untuk dibuka karena Memory Card tidak terbaca oleh perangkat smartphone atau perangkat sejenisnya. Tentunya dengan kejadian tersebut kita akan merasa kecewa, karena file-file koleksi yang akan dibuka tidak bisa terbaca. Lantas, apa yang harus kita lakukan jika Memory Card tidak bisa terbaca? Jangan khawatir sahabat, karena semua ada solusinya. Jika memang anda mengalami hal tersebut, coba ikuti Tips dan Trik berikut ini tentang Cara Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca. Semoga dapat membantu! Berikut langkah-langkahnya:

1. Lepas Memory Card dari perangkat (smartphone,tablet dan sejenisnya)

Jika Memory Card sudah dilepas, sekarang bersihkan Memory Card tersebut. Khususnya pada bagian permukaan almunium berwarna kuning yang berada di bagian belakang. Gunakan penghapus karet untuk membersihkan permukaan almunium tersebut, bersihkan secara hati-hati. Kalau sudah beres dibersihkan, coba pasangkan lagi Memory Card tersebut. Sudah bisa terbaca? Jika belum berhasil, coba cara selanjutnya!

2. Periksa System Error

Advertisement

Memory Card tidak bisa terbaca bisa jadi disebabkan karena adanya System Error. Hal ini bisa terjadi karena kualitas Memory Card yang kurang baik atau memang karena terjadi kerusakan. Untuk mengatasi hal ini, coba hubungkan Memory Card pada komputer (bisa melalui USB, Card Reader atau sejenisnya). Jika sudah terhubung, pindahkan seluruh file yang ada pada Memory Card ke komputer. Lalu format secara menyeluruh Memory Card yang mungkin mengalami kerusakan tersebut. Kalau sudah terformat dan bisa terbaca lagi, sekarang anda tinggal memindahkan kembali file-file yang disimpan ke komputer tadi. Masih belum berhasil? Tenang ada cara selanjutnya.

3. Perhatikan apakah Memory Card Terkunci?

Bisa jadi penyebab dari Memory Card tidak bisa terbaca disebabkan karena terkunci sebab menggunakan password. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan menghubungkan terlebih dahulu Memory Card ke komputer. Kemudian pada komputer masuk ke partisi C:systemMMCstore.ini dan buka atau baca menggunakan notepad mmcstore.ini tersebut. Atau bisa juga dengan cara memakai aplikasi MMCpwd.sls yang terlebih dahulu harus anda instal pada komputer. Tetep masih belum berhasil? Santai, masih ada cara berikutnya.

4. Bisa Jadi Memory Card Terserang Virus

Tidak menutup kemungkinan virus juga bisa menyerang Memory Card anda dan menyebabkan Memory Card tersebut tak bisa berfungsi. Solusinya, scan secara menyeluruh Memory Card dengan anti-virus yang handal. Dan setelah itu jangan lupa pasangkan pada perangkat anda anti-virus yang baik.

5. Apakah perangkat anda rusak?

Mungkin saja kenapa Memory Card pada perangkat anda tidak bisa terbaca dikarenakan oleh perangkat tersebut mengalami kerusakan di bagian sistem yang menghubungkan ke connector kartu memori. Sebaiknya periksa masalah tersebut kepada teknisi yang berpengalaman.

Tips dan Trik Menarik! Cara Mempercepat Isi Ulang (Charging) Baterai Smartphone

Itulah beberapa cara yang bisa anda praktikan untuk mengatasi masalah pada Memory Card yang tidak bisa terbaca. Semoga bermanfaat dan anda bisa berhasil dalam mempraktikannya!

 

Incoming search terms:

  • sd card tidak terbaca di laptop
  • cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca di hp dan pc
  • cara memperbaiki sd card yang tidak terbaca komputer
  • memory card tidak terbaca di laptop
  • kenapa memory card tidak terbaca di hp dan komputer
  • sd card tidak terbaca di pc
  • kartu memori tidak terbaca di laptop
  • memory card tidak terbaca di pc
  • sd card tidak terbaca di komputer
  • kartu memori tidak terbaca
Cara Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca | Adam | 4.5