Cara Mempercepat dan Meningkatkan Kinerja Smartphone Android Dengan Mudah

Cara Mempercepat dan Meningkatkan Kinerja Smartphone Android – Penggunaan smartphone Android biasanya semakin lama maka kinerja dari perangkat tersebut akan semakin lambat atau mengalami penurunan kinerja. Hal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah karena usia smartphone Android tersebut sudah cukup berumur sehingga mengakibatkan penurunan kinerja yang cukup signifikan.

Lantas, apakah penurunan kinerja yang dialami oleh smartphone Android bisa ditingkatkan kembali? Jawabannya tentu bisa, karena sebenarnya ada beberapa cara yang cukup ampuh untuk mengembalikan atau menormalkan kinerja dari suatu perangkat Android yang sudah termakan usia. Kita tinggal mengetahui langkah-langkahnya bagaimana cara meningkatkan kinerja dari smartphone atau tablet android yang mengalami penurunan kinerja, selanjutnya kita akan merasakan kembali smartphone android tersebut menjadi lebih baik.

Cara Mempercepat dan Meningkatkan Kinerja Smartphone Android

Advertisement

Ada cara-cara umum yang biasa dilakukan untuk meningkatkan kinerja perangkat Android itu dan ada juga cara rahasia yang jarang diketahui oleh kebanyakan pengguna Android untuk mempercepat kembali kinerja dari perangkat tersebut. Berikut cara-caranya:

1. Cara Umum Dalam Meningkatkan Kinerja Perangkat Android

Menghapus Aplikasi dan Data Yang Tidak Digunakan

Sebisa-bisa hapuslah berbagai macam aplikasi dan data / file yang sudah tidak penting pada perangkat android anda. Jangan sampai menimbun banyak aplikasi dan data yang sudah tidak digunakan, karena hal ini akan berpengaruh terhadap kapasitas memori yang dimiliki oleh perangkat android. Semakin banyak kapasitas memori yang digunakan, maka kinerja dari suatu perangkat akan semakin berat alias lambat. Jadi, jangan tunggu lama-lama segera hapuslah aplikasi dan file yang tidak digunakan!

Advertisement

Tutuplah Aplikasi Yang Berjalan di Background

Inilah hal yang sering tidak disadari oleh kebanyakan pengguna perangkat android, biasanya setelah menutup aplikasi kita sudah berpikir bahwa aplikasi tersebut sudah sepenuhnya berhenti. Padahal aplikasi tersebut masih muncul di bacground, cara untuk menutupnya yakni dengan menekan dan menahan tombol Home lalu buang aplikasi yang berjalan di background tersebut. Atau jika ingin lebih simpel, gunakan saja aplikasi Task Killer yang berfungsi untuk mematikan aplikasi yang berjalan di background secara otomatis.

Aturlah Alokasi Memori

Jangan sampai menumpuk atau menyimpan terlalu banyak file pada memori internal. Sebaiknya gunakanlah media penyimpanan memori eksternal untuk keperluan penyimpanan file. Sisakan banyak ruang untuk kapasitas memori internal, karena semakin banyak ruang yang tersisa pada memori internal akan berpengaruh pada kinerja perangkat.

2. Tips Rahasia Cara Meningkatkan Kinerja Perangkat Android

Tadi kita sudah mengetahui beberapa cara umum yang biasa dilakukan dalam rangka meningkatkan kembali kinerja dari perangkat Android yang mulai melambat. Sekarang kita akan mengetahui Cara Khusus Yang Jarang Digunakan Untuk Meningkatkan Kinerja Android tersebut. Berikut caranya:

  • Pertama, masuklah pada menu Setting di perangkat Android.
  • Kemudian pilih pilihan About Device.
  • Setelah itu tekan beberapa kali pada pilihan Build Number. Klik Build Number sampai muncul pemberitahuan jika Mode Developer telah aktif.
  • Jika sudah, sekarang kembali ke menu Setting dan pilih menu Developer Setting.
  • Di menu Developer Setting tersebut ubahlah menu Window Animation Scale, Transition Animation Scale dan Animation Duration dari skala 1x menjadi 0.5x.
  • Setelah itu, Restart  perangkat android anda.
  • Selesai.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa anda pilih untuk meningkatkan kembali kinerja dari perangkat android. Semoga berhasil!

Cara Mempercepat dan Meningkatkan Kinerja Smartphone Android Dengan Mudah | Adam | 4.5