9 Cara Merawat Laptop dan Komputer yang Mudah dan Benar Agar Awet

9 Cara Merawat Laptop dan Komputer yang Mudah dan Benar Agar Awet – Halo pembaca Klikponsel sekalian, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan sebuah ulasan yang cukup penting untuk Anda semua terutama yang kegiatan kesehariannya selalu berhubungan dengan komputer. Ya, pada kesempatan ini Klikponsel akan membahas mengenai cara merawat laptop dan komputer yang ternyata sangat penting sekali untuk Anda perhatikan.

Komputer (PC) dan laptop memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Di era modern yang mengedepankan teknologi saat ini, rasa-rasanya hampir semua orang membutuhkan sebuah komputer, terutama untuk menyelesaikan pekerjaan yang mereka miliki. Namun, saat menggunakan komputer Anda juga tidak bisa menggunakannya begitu saja secara terus menerus, melainkan harus memperhatikan kesehatan komputer atau laptop itu sendiri.

Cara Merawat Laptop dan Komputer

Advertisement

Ulasan Lainnya: Cara Merawat Baterai Smartphone Dan Laptop Non-Removable

Memperhatikan kesehatan laptop dan komputer disini adalah Anda dengan secara teratur merawat laptop dan komputer, sehingga otomatis performanya akan tetap terjaga optimal. Untuk merawat laptop dan komputer sendiri ternyata caranya sangat simpel dan tentunya sangat mudah untuk Anda praktekkan sendiri di rumah. Mau tau seperti apa? Ini dia tips cara merawat laptop dan komputer versi Klikponsel.

1. Matikan Laptop atau Komputer Dengan Benar

Mematikan laptop atau komputer memang sangat mudah, semudah membalikan telapak tangan. Tapi, kegiatan yang mudah tersebut seringkali masih sering dilanggar oleh sebagian orang. Ya, kebanyakan orang masih salah tentang tata cara mematikan laptop atau komputer yang baik dan benar. Cara mematikan laptop atau komputer yang benar adalah dengan cara masuk ke menu Start > Shut Down. Namun, masih saja ada orang yang langsung mematikan laptop atau komputer dengan cara langsung menekan tombol power. Hal itu tentunya akan merusak komponen yang ada di dalamnya sehingga komputer atau laptop Anda jadi cepat rusak.

2. Perhatikan Aliran Udara

Hal penting berikutnya mengenai cara merawat laptop dan komputer yang benar adalah memperhatikan aliran udara yang ada. Laptop atau komputer yang bekerja terus menerus tentunya akan memberi beban kepada komponen atau hardware yang ada di dalamnya. Hardware yang bekerja terus menerus tersebut otomatis akan menghasilkan suhu panas pada komputer. Nah, supaya komputer atau laptop Anda awet dan tidak cepat rusak, Anda harus memperhatikan aliran udara keluar pada komputer dengan cara selalu memeriksa fan atau kipas yang bertugas mengeluarkan suhu panas keluar bekerja dengan baik.

3. Rutin Membersihkan Debu yang Menempel

Ini juga masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Untuk menjaga komponen komputer atau laptop terjaga keawetannya, Anda tentu harus memperhatikan kebersihan jeroan laptop atau komputer itu sendiri dengan cara rutin membersihkan debu-debu yang menempel di dalamnya. Dengan banyaknya debu yang menempel, maka otomatis menghambat aliran udara yang keluar sehingga udara panas terperangkap di dalam laptop atau komputer. Komponen-komponen yang harus Anda perhatikan diantaranya adalah CPU, Power Supply, RAM serta slotnya, dan juga VGA kalau ada. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan blower, vacuum cleaner, serta kuas lembut.

4. Bijak Menginstal Aplikasi atau Software

Untuk menjalankan sesuatu pada komputer, kita tentunya membutuhkan suatu software atau aplikasi. Dengan software tersebut, maka berbagai pekerjaan  kita akan terbantu dan selesai dengan mudah dan cepat. Namun, beda halnya kalau Anda menginstal software yang terlalu banyak bahkan software tersebut sebetulnya tidak Anda butuhkan sama sekali. Software yang terinstal pada laptop atau komputer tentunya bakal menghabiskan kapasitas memori hardisk komputer atau laptop Anda. Makin banyak software yang terinstal maka makin menipis pula kapasitas hardisk atau memori yang Anda miliki. Kalau sudah begitu, maka akan mengganggu jalannya sistem yang mengakibatkan performa laptop atau komputer Anda jadi menurun. Maka dari itu, hapuslah atau uninstall software­-software yang tidak diperlukan supaya tidak memberatkan memori laptop Anda.

5. Menggunakan Stabilizer dan UPS

Kalau Anda pengguna laptop, maka rasanya bisa sedikit mengabaikan poin ini. Tapi, kalau Anda pengguna komputer PC, maka hukumnya wajib Anda menggunakan dua benda ini. Berbeda dengan laptop yang mengambil sumber tenaga dari baterai, komputer PC mengambil tenaga langsung dari colokan listrik. Hal tersebut tentunya punya dampak negatif tersendiri, yakni saat tiba-tiba listirk mengalami lonjakan atau penurunan tegangan, maka hal tersebut akan langsung berdampak pada komponen-komponen yang ada di PC. Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut Anda dianjurkan menggunakan stabilizer pada komputer PC.

Kemudian, hal menghawatirkan lainnya bagi Anda pengguna komputer PC adalah listirk padam secara tiba-tiba. Komputer yang mati secara tiba-tiba karena akibat padamnya listrik tentunya membawa efek yang buruk pada hardware komputer itu sendiri. Maka dari itu, Anda dianjurkan menggunakan UPS sebagai alat backup tenaga apabila listirk di rumah Anda mati secara tiba-tiba.

6. Matikan Modem Saat Hujan Lebat

Ini juga menjadi hal yang sering diabaikan oleh sebagian besar orang yang menggunakan laptop atau komputer, yakni terus terkoneksi ke jaringan internet menggunakan modem saat hujan lebat sekalipun. Untuk Anda pengguna modem USB sebaiknya langsung cabut modem Anda dari komputer atau laptop saat hujan lebat. Sedangkan untuk Anda pengguna modem Speedy, sebaiknya langsung matikan modem serta cabut kabel-kabel yang terhubung dengan modem. Hujan lebat biasanya disertai dengan petir yang dikhawatirkan bisa menyambar ke modem.

7. Bersihkan File Sampah Secara Teratur

Semakin lama laptop atau komputer di gunakan serta semakin banyak dan sering suatu software dijalankan maka akan meninggalkan file sampah atau biasa disebut dengan junk file yang banyak. Memang, satu file sampah tersebut berukuran hanya beberapa KiloByte saja. Namun, kalau jumlahnya sangat banyak maka tentunya punya total ukuran yang sangat besar hingga bergiga-giga. Kehadiran file sampah atau junk file tersebut akan mengganggu sistem registry komputer, yang pada akhirnya membuat performa laptop atau komputer jadi menurun. Solusinya, Anda bisa membersihkan file sampah tersebut secara teratur menggunakan software khusus atau lewat fitur bawaan yang ada pada komputer.

8. Gunakan Alat Pendingin

Tips ini sebenarnya lebih tepat untuk Anda pengguna laptop. Laptop yang dipakai dalam jangka waktu yang lama maka akan menghasilkan panas yang bisa Anda rasakan pada bagian bawah. Maka dari itu, tidak ada salahnya Anda menambahkan alat pendingin laptop yang bisa menjaga suhu tetap stabil supaya membuat laptop lebih awet. Selain itu, harga pendingain atau cooler laptop ini juga cukup ekonomis, dari mulai puluhan ribu sampai ratusan ribu, yang tentunya bisa Anda pilih sesuai budget yang dimiliki.

9. Jangan Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Poin terakhir ini rasanya sudah menjadi kebiasaan bagi orang-orang. Ya, supaya lebih nyaman dan untuk menemani waktu santai, banyak orang menggunakan dan menempatkan laptop mereka diatas kasur. Tapi, tahukah Anda kalau kebiasaan tersebut bisa berdampak negatif pada laptop kesayangan Anda? Laptop merupakan benda yang memiliki lubang udara atau ventilasi yang terbatas pada tiap sisinya. Padahal, kegunaan lubang udara ini sangat penting untuk membuang suhu panas. Dengan Anda menggunakan dan meletakkan laptop diatas kasur, maka tentunya akan menutupi lubang udara tersebut, terutama kasur yang empuk. Maka dari itu, gunakanlah laptop ditempat yang punya area datar dan keras seperti meja atau lantai.

Demikianlah tadi tips mengenai cara merawat laptop dan komputer yang mudah supaya komputer PC serta laptop kesayangan Anda bisa lebih awet. Jangan lupa juga Anda mempraktekkan tips diatas secara rutin. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat, sampai jumpa lagi.

9 Cara Merawat Laptop dan Komputer yang Mudah dan Benar Agar Awet | Ikbal Fauzi | 4.5