Cara Mudah Membuka dan Membuat File RAR ZIP di Android

Cara Mudah Membuka dan Membuat File RAR ZIP di Android – Baru mendownload aplikasi atau file sejenisnya menggunakan perangkat Android, tapi file yang bersangkutan memiliki ekstansi RAR atau ZIP? Tentunya file tersebut terlebih dahulu harus diekstrak agar bisa digunakan. Belum tahu cara mengekstrak file RAR / ZIP di Android? Tenang sahabat! Karena kami akan membantu mengatasi hal tersebut, silakan ikuti tips dibawah ini mengenai cara mudah membuka sekaligus membuat file RAR di Android.

cara membuak file RAR di Android

Advertisement

Bagi sahabat yang ingin dengan mudah membuka file RAR atau ZIP yang baru saja disimpan di perangkat Android, berikut kami kami sampaikan tips cara membuka file RAR / ZIP di Android. Silakan ikuti langkah-langkahnya!

  1. Langkah pertama, terlebih dahulu sahabat harus menginstal salah satu aplikasi Android Archiver. Sahabat bisa memilih aplikasi gratis bernama AndroidZip™ Free File Manager di Google PlayStore. Silakan instal aplikasi tersebut di Android sahabat.
  2. Langkah selanjutnya setelah aplikasi AndroidZip™ terinstal, silakan langsung jalankan aplikasi tersebut.
  3. Disini akan ditampilkan interface yang persis dengan tampilan file manager di Android. Silakan cari dan pilih file berekstensi RAR atau ZIP yang akan dibuka (extract).
  4. Tahan (tap) file yang akan diekstrak beberapa saat hingga muncul menu pilihan. Silakan sahabat pilih opsi Extact File Here untuk ekstrasi di folder yang sama atau Extract to untuk mengekstrak di folder lain.
  5. Jika sudah, maka file akan langsung diekstraksi. Tunggu hingga proses ekstrak file RAR atau ZIP selesai.
  6. Selesai! Sekarang sahabat sudah bisa membuka file berekstensi RAR dan ZIP tadi.

Apabila dengan memilih opsi Extact File Here dan Extract to belum berhasil dalam proses ekstrak file RAR / ZIP, maka sahabat bisa memilih opsi View Archive. Caranya sama, tinggal tap saja filenya dan pilih opsi View Archive. Kemudian pilih file yang akan diekstrak (Check All) dan pilih tombol Extract. Selesai!

Advertisement

Jika sahabat ingin membuka dan membuat file RAR atau ZIP di Android, maka sahabat bisa memanfaatkan aplikasi bernama RAR by RARLAB yang tersedia gratis di PlayStore. Untuk cara pengoperasiannya, berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, silakan download / instal aplikasi bernama RAR tersebut di PlayStore.
  2. Setelah diinstal, langsung jalankan aplikasi tersebut.
  3. Untuk membuka (extract) file RAR / ZIP, silakan cari folder penyimpanan file tersebut.
  4. Setelah file RAR / ZIP yang akan dibuka sudah disiapkan, sekarang tap file tersebut. Kemudian klik ikon tanda panah keatas yang terdapat di sebelah pojok atas. Proses extract akan berlangasung, tunggu hingga selesai.
  • Untuk membuat file archive (RAR / ZIP), masih menggunakan aplikasi yang sama yakni aplikasi RAR. Silakan pilih file yang akan diarchive. 
  • Kemudian, tap file tersebut hingga muncul beberapa opsi. Sahabat bisa memilih opsi Add to recovery.rar untuk langsung membuat file archive. 
  • Sahabat pun bisa juga memilih opsi Add to Archive untuk membuat file archive dengan pengaturan ekstensi file, nama file hingga proteksi dengan password. 
  • Setelah itu klik Ok. Selesai!

Dengan cara-cara yang sudah sahabat praktikan tadi, sekarang sahabat sudah bisa membuka (extract) dan membuat file dengan ekstensi RAR atau ZIP di Android. Mudah. bukan? Demikianlah tips dari kami tentang cara membuka dan membuat file RAR / ZIP di Android. Semoga bermanfaat!

Incoming search terms:

  • cara membuat file zip di android
  • cara membuat file rar di android
  • cara membuat rar di android
  • cara membuka file rar di android
Cara Mudah Membuka dan Membuat File RAR ZIP di Android | Adam | 4.5