2 Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi di Hp Android

2 Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi di Hp Android – Ada banyak aplikasi bawaan yang terinstal di perangkat Android, namun jarang sekali digunakan? Kalau memang agak mengganggu, sobat bisa menyembunyikan aplikasi-aplikasi tersebut dengan langkah-langkah yang sangat mudah dan tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga. Atau, sobat memiliki banyak aplikasi yang dipasang di perangkat Android seperti BBM, WA dan aplikasi lainnya? Namun, masih tetap ingin disembunyikan demi menjaga privasi agar tidak diketahui oleh orang lain ketika meminjam perangkat tersebut? Kalau begitu silakan ikuti ulasan berikut mengenai Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi di Hp Android.

1. Menyembunyikan Aplikasi Bawaan Tanpa Aplikasi 

Ada banyak aplikasi bawaan yang sudah terinstal di perangkat Android yang kita miliki, namun kita jarang bahkan tidak pernah sekalipun menggunakannya. Apabila sobat ingin menyembunyikan aplikasi bawaan di menu Android atau Drawer maka caranya sangat mudah. Berikut langkah-langkah yang bisa sobat ikuti:

Cara Menyembunyikan Aplikasi

Advertisement

  • Pertama, sobat bisa masuk ke menu ‘Setting‘ (Pengaturan) di perangkat Android.
  • Setelah itu, pilih menu ‘Apps‘  (Applications)
  • Berikutnya, tekan tab All‘ untuk menampilkan semua daftar aplikasi yang terpasang di perangkat Android.
  • Sekarang pilih aplikasi bawaan yang ingin disembunyikan dari menu Drawer / Homescreen.
  • Selanjutnya, pilih opsi ‘Disable‘ untuk menyembunyikan aplikasi tersebut. Jika ada peringatan ‘Disable built-in app?‘ klik saja ‘Ok‘.
  • Selesai! Sekarang aplikasi bawaan tidak akan muncul lagi di menu Drawer Android sobat.

Sobat bisa melihat aplikasi bawaan yang di ‘Disable’ dibagian ‘Disabled’ pada menu Apps, atau biasanya ditampilkan dibagian paling bawah menu Apps di tab ‘All‘. Sobat bisa mengembalikan aplikasi yang disembunyikan tadi dengan cara klik ‘Enable‘ di aplikasi tersebut.

Ulasan lainnya: 4 Pilihan Terbaik Aplikasi Pengunci Aplikasi Di Android

Untuk sekedar tambahan, jika sobat memilih aplikasi dari pihak ketiga atau bukan bawaan, maka disana tidak akan ada opsi ‘Disable‘ melainkan opsi ‘Uninstal‘ untuk mencopot / menghapus aplikasi.

Advertisement

Apabila sobat ingin menyembunyikan aplikasi dari pihak ketiga yang didapat dari PlayStore atau sumber lainnya, maka sobat bisa memanfaatkan aplikasi pembantu / pihak ketiga untuk dapat menyembunyikan aplikasi di perangkat Android. Berikut ulasannya!

2. Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android dengan Aplikasi

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Ada banyak macam aplikasi yang bisa membantu sobat untuk menyembunyikan aplikasi di Android dan bisa didapatkan secara cuma-cuma di gudang PlayStore. Namun, dari sekian banyak pilihan yang ada sobat bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi Hola Launcher garapan Holaverse.

Hola Launcher sendiri merupakan aplikasi untuk mengkustomisasi tampilan perangkat Android, seperti mengganti tema. Disamping itu, aplikasi ini memiliki fitur Hide Apps yang berguna untuk menyembunyikan aplikasi di perangkat Android sobat. Aplikasi ini bisa sobat dapatkan secara gratis dari PlayStore.

Cara menyembunyikan aplikasi di Android menggunakan aplikasi Hola Launcher:

  • Langkah pertama, sobat bisa menginstal aplikasi Hola Launcher di Android dari PlayStore.
  • Setelah terpasang / diinstal, sobat bisa membuka menu ‘Pengaturan Hola Launcher‘. Biasanya ada di Homescreen.
  • Setelah masuk, pilih opsi ‘Pengaturan Lanjutan‘ (Advanced).
  • Nanti akan ada opsi ‘Sembunyikan Aplikasi‘ (Hide Apps). Silakan sobat pilih opsi tersebut.
  • Berikutnya, klik ikon ‘+Tambah‘ (+Add) untuk memilih aplikasi yang akan disembunyikan.
  • Silakan pilih aplikasi yang akan disembunyikan, lalu klik ‘Ok‘. Seketika aplikasi yang sobat pilih akan langsung disembunyikan.
  • Selesai!

Mudah, bukan? Itulah 2  Cara Mudah untuk Menyembunyikan Aplikasi di Android yang bisa sobat praktikan. Semoga membantu, mohon maaf jika ada kekeliruan. Terima kasih!

2 Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi di Hp Android | Ayu | 4.5