Pertolongan Pertama Mengatasi HP / Smartphone Terkena Air Agar Normal Kembali

Pertolongan Pertama Mengatasi HP / Smartphone Terkena Air Agar Normal Kembali – Sahabat sedang menagalami hal yang tak diduga-duga, yakni kedapatan HP / Smartphone yang dimiliki terkena air sehingga mengakibatkan keseluruhan bodi HP terpapar oleh air hingga ke bagian dalamnya? Jangan panik sahabat! Lakukan saja langkah-langkah pertolongan pertama pada HP yang kedapatan terkena air tersebut, agar HP bisa kembali normal. Seperti apa langkah-langkahnya? Silakan langsung saja simak pemaparan berikut ini. Semoga bermanfaat!

1. Matikan Daya HP / Smartphone

Jika sahabat baru saja mengalami hal yang tidak diinginkan, yakni HP sahabat jatuh ke air atau disebabkan oleh hal lain yang menjadikan HP kemasukan air. Maka hal pertama yang harus sahabat lakukan adalah segera matikan daya HP tersebut, hal ini dimaksudkan agar di dalam komponen mesin HP tidak terjadi arus pendek yang bisa mengakibatkan kortsleting.

Sebisa mungkin sahabat harus tetap tenang dan jangan panik ketika kedapatan HP sahabat terkena air. Ini sangat bermanfaat sekali, karena dengan ketenangan langkah pertolongan pertama pada penyelamatan HP yang terkena air akan semakin maksimal.

Mengatasi HP / Smartphone Terkena Air

Advertisement

Cek Juga : 

Cara Merawat Smartphone Agar Awet dan Tahan Lama

2. Lepas Baterai Dari Perangkat

Langkas selanjutnya jika daya HP sudah benar-benar mati, maka sahabat harus segera melepas baterai yang masih menempel pada perangkat. Jangan sampai terlalu lama membiarkan baterai menempel di perangkat, hal ini untuk menghindarkan kortsleting yang lebih parah.

Jika baterai sudah dilepas, keringkan baterai tersebut lalu simpan baterai di tempat yang hangat. Kalau memungkinkan, simpan baterai di bawah terik sinar matahari selama 1 jam atau sampai baterai benar-benar terlihat sudah kering. Setelah itu isi ulang daya baterai menggunakan desktop.

Advertisement

Langkah kedua ini hanya bisa dilakukan pada smartphone yang memiliki baterai bersifat removable. Jika sahabat menggunakan smartphone yang memiliki baterai non-removable, sebaikanya segera bawa smartphone sahabat ke service center terdekat.

3. Lepas SIM Card dan Memori Eksternal

Tak kalah penting setelah HP kemasukan air, sahabat pun harus segerap melepas SIM Card dan memori eksternal yang masih terpasang di masing-masing slotnya. Segera keringkan kedua komponen tersebut, untuk menjaga kondisi keduanya agar tetap normal dan tidak rusak sehingga bisa dipakai lagi.

4. Mengeringkan HP / Smartphone

Jika memungkinkan, sahabat bisa melepas / membongkar berbagai komponen yang ada pada perangkat. Misalnya melepas seluruh casing, rangka dan  framenya. Lalu keringkan komponen tersebut.

Jika memungkinkan untuk dibongkar, hal yang perlu mendapat perhatian lebih adalah di bagian LCD. Apabila LCD bisa dilepas, maka lepas LCD tersebut lalu keringkan menggunakan lap yang lembut secara perlahan.

Apabila proses pembongkaran komponen seperti casing, frame dan LCD tidak memungkinkan. Maka sahabat bisa memilih alternatif lain yang lebih aman. Alternatifnya yakni, sahabat buka casing HP lalu sedot bagian dalam HP menggunakan penyedot debu atau dengan blower. 

Atau bisa juga dengan cara menyimpan perangkat smartphone yang terkena air ke dalam beras yang kering, karena beras memiliki sifat menyerap air. Simpan perangkat yang terkena air ke dalam beras hingga semalaman / seharian hingga kering. Ulangi proses ini jika perangkat belum kering.

5. Mengaktifkan Kembali HP

Apabila perangkat HP, baterai dan komponen pendukungnya sudah diyakini benar-benar kering. Maka sekarang pasangkan kembali komponen-komponen yang tadi sempat dilepas ke tempatnya masing-masing. Sekarang nyalakan perangkat HP / Smartphone dalam kondisi tersambung ke charging. Ulangi hingga beberapa kali percobaan (jika belum menyala).

Jika HP bisa menyala lagi, berarti selamat buat sahabat karena HP tersebut bisa terselamatkan kembail. Namun apabila HP belum bisa menyala, maka cara selanjutnya adalah membawa HP tersebut ke service center. 

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan pada pembahasan kali ini, yakni seputar Cara Mengatasi HP / Smartphone Terkena Air. Semoga berhasil!

Pertolongan Pertama Mengatasi HP / Smartphone Terkena Air Agar Normal Kembali | Adam | 4.5