Mengatasi Memori Internal Penuh di Hp Android Padahal Aplikasi Sedikit

Mengatasi Memori Internal Penuh di Hp Android Padahal Aplikasi Sedikit – Memori internal di perangkat Android tiba-tiba menjadi penuh? Padahal kita tidak memasang banyak aplikasi dalam perangkat tersebut? Bisa jadi, hal tersebut memang bukan disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang terpasang pada perangkat. Kira-kira apa yang menjadi penyebanya? Yuk! Kita cari tahu bersama penyebabnya, lalu kita ketahui solusi untuk mengatasinya.

Ada beberapa penyebab yang membuat memori internal di Hp Android menjadi penuh, padahal aplikasi yang terinstal tidak banyak. Berikut beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi memori internal penuh:

1. Banyak File Cache Yang Tersimpan di Memori

File Cache tersimpan secara otomatis ketika kita menjalankan berbagai macam aplikasi di Android. Sebenarnya file tersebut memiliki peran, yakni untuk mempercepat akses terhadap aplikasi yang sama ketika akan dijalankan kembali. Namun demikian, ketika file Cache itu dibiarkan terus menerus maka akan bertambah ukurannya dan tentunya hal tersebut akan memakan banyak ruang pada memori penyimpanan, khususnya memori internal. Sehingga kapasitas memori menjadi semakin terbatas.

Memori Internal Penuh

Advertisement

Untuk menghindari penumpukan file Cache di memori, sebaiknya file tersebut dihapus secara berkala. Hal ini tentunya menjadi salah satu solusi agar kapasitas ruang penyimpanan di memori tidak penuh lagi. Ada dua pilihan cara yang bisa dipilih untuk menghapus file Cache:

  1. Menghapus file cache secara manual (tanpa aplikasi). Caranya: Setting (Pengaturan) —> Apps (Aplikasi) —> All (Semua Aplikasi) —> Pilih Aplikasinya —> Clear Cache (Hapus). Cara ini memang akan memakan waktu yang cukup banyak, karena kita harus menghapus file Cache satu per satu dari aplikasi.
  2. Menghapus file cache menggunakan aplikasi. Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menghapus file cache secara keseluruhan atau sekaligus. Dengan bantuan aplikasi ini menghapus file cache akan menjadi lebih praktis. Berikut beberapa aplikasi yang bisa dicoba untuk menghapus file cache: Clean Master, CC Cleaner atau App Cache Cleaner.

2. Folder .Thumbnails

Advertisement

Ada penyebab lainnya yang membuat memori internal di Android menjadi cepat penuh, yakni folder .thumbnails. Folder .thumbnails sendiri merupkan folder yang berisikan ikon foto (.thumbdata) yang memiliki ukuran resolusi lebih kecil daripada foto aslinya. Folder ini biasanya terletak di dalam folder DCIM baik di memori internal maupun eksternal.

Meskipun ukuran file-file yang tersimpan di dalam folder .thumbnail relatif kecil, namun seiring dengan banyaknya koleksi foto yang ada di memori, maka ukuran folder .thumbnails ini bisa menjadi besar. Bisa mencapai ratusan megabyte (MB) bahkan gigabyte (GB). Jadi, semakin banyak koleksi foto yang tersimpan di memori, maka folder .thumbnail akan bertambah ukurannya.

Ulasan lainnya: Cara Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca

Solusi yang bisa dilakukan agar memori internal tidak penuh, maka kita bisa menghapus file-file yang ada di folder .thumbnails tersebut. Cara menghapusnya sebagai berikut:

  • Buka File Manager —> Internal Storage / Device (Memori Internal) —> DCIM —> Folder .thumbnails —> Delete

Setelah kita menghapus folder tersebut, biasanya folder .thumbnails ini akan muncul kembali secara otomatis seiring seringnya kita membuka galeri atau menambah koleksi foto. Nah! Agar kita tidak repot menghapus berulang kali folder tersebut, maka ada trik yang bisa dicoba. Caranya, kita tinggal membuat file baru di dalam folder DCIM. Buat file baru dan beri nama file tersebut dengan nama ‘.thumbnails‘.

3. Pindahkan Data ke Memori Eksternal (SD Card)

Apabila memori internal pada perangkat Android sudah sesak atau penuh, maka kita bisa mengalihkan data-data tersebut ke memori eksternal. Kita pun bisa mengalihkan aplikasi dari memori internal ke kartu SD. Atau mungkin, apabila banyak aplikasi yang tak terpakai lebih baik di hapus saja daripada memakan banyak ruang memori penyimpanan.

Nah! Itulah beberapa penyebab yang menjadikan memori internal cepat penuh, sekaligus cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi memori internal penuh di Hp Android padahal kita tidak menginstal banyak aplikasi. Semoga membantu, mohon maaf jika ada kekeliruan. Terima kasih!

Mengatasi Memori Internal Penuh di Hp Android Padahal Aplikasi Sedikit | Ayu | 4.5