Cara Pengembalian Dana (Refund) Shopee dan Membatalkan Pesanan

Cara Pengembalian Dana (Refund) Shopee dan Membatalkan Pesanan – Sebelumnya saya pernah memesan barang di toko online Shopee Indonesia. Saya memesan barang yang diinginkan disalah satu pelapak yang ada di toko online tersebut. Setelah melihat review dan detail barang, tak perlu berlama-lama saya langsung memutuskan untuk membeli barang tersebut dengan mengklik ‘Beli Sekarang’. Setelah itu, seperti biasa saya diarahkan ke proses selanjutnya untuk melakukan metode pembayaran dengan terlebih dahulu mengisi identitas, no hp, alamat dan informasi lainnya yang dibutuhkan. Setelah semuanya beres, saya pun langsung mentransfer uang via transfer bank. Tak lama kemudian ada sms notifikasi dari Shopee mengenai pembayaran atas pesanan saya yang nantinya akan dilaporkan ke penjual barang yang saya pesan.

pengembalian dana shopee

Advertisement

Dari sana saya menunggu barang pesanan. Setelah menunggu 5 hari, ada sms masuk dari Shopee bahwa ada pesan (Chat) yang belum saya baca dari pelapak. Saya pun langsung bergegas masuk ke situs Shopee Indonesia. Disana saya bingung. Bingung kenapa? Karena tidak tahu cara melihat notifikasi tersebut. Saya coba login dengan menggunakan no hp yang pernah diregistrasi waktu memesan barang tadi di Shopee, tapi tidak bisa masuk. Ternyata, untuk bisa login saya harus melakukan registrasi (daftar) agar punya akun. Saya pun registrasi menggunakan no hp agar punya akun dan bisa masuk melihat notifikasi.

Akun pun telah dibuat, dan sekarang saya bisa masuk untuk melihat notifikasi tadi. Ternyata, disana terdapat notifikasi. Ada Chat dari penjual, bahwa barang yang saya pesan habis alias kosong. Si penjual pun menyarankan saya untuk membatalkan pesanan tersebut, untuk selanjutnya pengembalian dana (Refund) dari Shopee. Akhirnya, saya pun membatalkan pesanan tadi dan selanjutnya mengajukan pengembalian dana.

Sebenarnya hal ini menjadi pelajaran untuk saya, ini adalah kesalahan saya sendiri. Kenapa? Karena, pas waktu pertama memesan barang saya tidak menanyakan ketersediaan (Stock) barang yang akan saya pesan. Saya malah langsung memesan dan membayar pesanan tersebut. Semoga menjadi pelajaran untuk diri saya sendiri dan bisa berbagi pengalaman dengan sobat sekalian.

Ulasan lainnya: 4 Aplikasi Pembuat Logo di Android Gratis Untuk Lambang Club dan OL Shop

Oh ia, untuk sobat-sobat yang mengalami hal serupa dengan saya atau mungkin mirip dan sekarang ingin membatalkan pesanan lalu mengajukan pengembalian dana dari Shopee, berikut adalah pengalaman saya ketika memproses untuk pengembalian dana dari Shopee. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Membatalkan Pesanan dari Shopee

Perlu diketahui untuk proses pembatalan pesanan ini harus ada persetujuan dari kedua belah pihak, yaitu pembeli dan penjual. Jika kedua belah pihak sudah menyetujui, maka selanjutnya Shopee akan memprosenya. Berikut pengalaman saya ketika membatalkan pesanan karena Stock barang kosong:

  • Langkah pertama, Log in menggunakan akun Shopee yang telah dibuat.
  • Selanjutnya, klik menu ‘Notifikasi’ yang ada dibagian atas.
  • Nanti akan muncul beberapa menu di samping kiri, pilih menu ‘Belanjaanku’.
  • Berikutnya, pilih menu ‘Belum Dibayar’ jika barang belum dibayar. Saya dulu sudah membayar, jadi memilih menu ‘Belum Dikirimkan’.
  • Nanti akan ada rincian barang yang belum dikirimkan. Untuk mengajukan pengembalian dana, pilih opsi ‘Pengembalian Dana’ yang ada di Scroll Down sebelah kanan. Klik opsi tersebut untuk proses pengembalian dana, nanti disuruh mengisi alasan kenapa mengajukan pengembalian dana.
  • Setelah itu, Shopee akan mengkonfirmasi penjual untuk menyetujui proses pengembalian dana ini. Jika telah disetujui nanti akan ada notifikasi seperti gambar dibawah. Selanjutnya, dana tersebut akan masuk ke ‘Dompet Shopee’.

pengembalian dana shopee

Advertisement

Setelah dana masuk ke ‘Dompet Shopee’, dana tersebut bisa ditransfer ke rekening bank yang kita miliki. Untuk proses transfer dari ‘Dompet Shopee’ ini kita harus Log in  ke akun Shopee melalui aplikasi Shopee yang tersedia di Play Store. Silakan instal aplikasinya terlebih dahulu, setelah itu Log in.

Pengembalian Dana Shopee dari ‘Dompet Shoppe’ ke Rekening Bank

Setelah sobat menginstal aplikasi Shopee di gadget, berikut langkah-langkah untuk mentransfer dana dari ‘Dompet Shopee’ ke rekening bank:

  • Langkah pertama Log in melalui aplikasi. Lihat notifikasi mengenai dana pengembalian ke ‘Dompet Shopee’. Jika dana sudah dikembalikan, maka di ‘Dompet Shopee’ akan tercantum jumlah dana yang dikembalikan.

pengembalian dana shopee

  • Berikutnya, masuk ke menu ‘Akun Saya’. Lalu pilih menu ‘Rekening Bank’, selanjutnya pilih ‘Tambah Rekening Baru’. Atur password untuk keamanan. Pastikan no hp selalu aktif, untuk menerima kode verifikasi dari Shopee. Silakan isi data rekening bank sesuai perintah, lalu konfirmasi.

pengembalian dana shopee

  • Jika telah selesai menambahkan rekening bank, langkah selanjutnya masuk ke menu ‘Dompet Shopee’. Nanti akan ditampilkan saldo dompet Shopee yang bisa sobat tarik. Klik ‘Tarik Dana’ untuk ditransfer ke rekening tadi.

Refund Shopee

  • Dana dari ‘Dompet Shopee’ pun akan ditransfer ke rekening dalam beberapa waktu yang telah ditentukan.

pengembalian dana shopee

Catatan: Shopee akan mentransfer dana dari ‘Dompet Shopee’ ke rekening bank sobat setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

 

Nah! Itulah sedikit tentang pengalaman saya mengenai pengembalian dana dari Shopee. Semoga informasi ini bisa membantu sobat sekalian. Mohon maaf jika terdapat kekurangan ataupun kekeliruan. Terima kasih! (05/04/2017)

Incoming search terms:

  • pengembalian dana shopee lewat indomaret
  • cara mengambil uang di dompet shopee
  • pengembalian dana shopee
  • cara pengembalian dana shopee
  • cara pengembalian dana di shopee
  • cara membatalkan pesanan di shopee
  • dompet shopee
  • cara menggunakan dompet shopee
  • cara menggunakan uang di dompet shopee
  • cara menggunakan dompet shopee untuk belanja
Cara Pengembalian Dana (Refund) Shopee dan Membatalkan Pesanan | Ayu | 4.5