7 Pilihan Botol Susu Anti Kolik Terbaik

Belakangan ini, beragam jenis botol susumulai menjamur di pasaran Indonesia. Banyak yang suka bertanya, apa itu botol susu anti kolik? Apa yang membedakannya dari botol susu biasa? Botol susu ini dirancang secara khusus untuk meningkatkan kualitas menyusu dan mencegah kolik pada si Kecil.

Menurut jurnal Infantile Colic, penyebab kolik masih belum jelas hingga kini. Kolik pada si Kecil seringkali membuat orang tua resah. Tapi jangan khawatir, salah satu solusi mengatasi masalah itu adalah menggunakan botol susu anti kolik.

Rekomendasi Botol Susu Anti Kolik Terbaik

Advertisement

Kesehatan si Kecil merupakan salah satu aspek yang paling penting. Sebab, si Kecil belum memiliki sistem perlindungan tubuh yang sempurna. Langkah pertama yang bisa Moms ambil adalah dengan menggunakan botol susu anti kolik.

Alasannya, botol susu ini diharapkan dapat mencegah jumlah gelembung udara yang tanpa sengaja tertelan si Kecil. Botol anti kolik biasanya memiliki desain teat yang bertujuan memberikan sensasi menyusu alami. Nah, kira-kira apa saja botol anti kolik terbaik? Mari disimak rekomendasi di bawah ini:

1.      Comotomo Baby Bottle

Botol susu produksi Comotomo ini terbuat dari bahan medical grade silikon. Si Kecil yang baru belajar menggenggam akan lebih aman menggunakan botol susu Comotomo ini. Botol susu ini juga tahan terhadap suhu tinggi, sehingga aman jika disterilkan dengan beragam metode sterilisasi.

Selain itu, Comotomo Baby Bottle memiliki bagian leher yang lebar untuk memudahkan pembersihan botol susu. Botol susu yang tidak dibersihkan dengan benar bisa menjadi sarang perkembangbiakkan bakteri jahat.

Nah, yang membuatnya dicap sebagai botol anti kolik adalah adanya anti-colic vent yang terpasang, sehingga si Kecil dapat minum tanpa menelan udara.

2.      Pigeon Nursing Bottle

Siapa yang tidak pernah mendengar merk Pigeon? Rasanya para Moms sudah akrab dengan merk botol susu yang satu ini. Pigeon merupakan salah satu produk botol susu yang banyak disukai. Selain harga yang terjangkau, botol susu Pigeon juga memiliki kualitas yang baik.

Hal itu pun menimbulkan pertanyaan, apakah ada botol Pigeon anti kolik? Kabarbaiknya, botol Pigeon memiliki peristaltic teat yang bisa mencegah kolik. Teat yang terbuat dari silikon lentur ini membantu mengurangi jumlah udara yang masuk ke dalam botol.

Pigeon Nursing Bottle ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk memfasilitasi gerakan peristaltik si Kecil. Nah, apa itu gerakan peristaltik? Gerakan ini merupakan gerakan lidah bayi yang menyerupai ombak lembut saat menyedot ASI.

Moms disarankan menggunakan Pigeon Nursing Bottle agar perkembangan rahang si Kecil dapat difasilitasi secara optimal.

3.      Mimijumi Very Hungry Baby Bottle

Nah, yang menduduki posisi nomor tiga adalah botol susu dari Mimijumi. Botol susu ini memiliki material plastik Grilamid produksi EMS Switzerland, sehingga memiliki kualitas bahan yang kuat. Mimijumi Very Hungry Baby Bottle juga dilengkapi dengan silicone teat yang tidak mengandung zat karsinogenik.

Silicone teat tersebut didesain dan diberi warna agar menyerupai puting susu Moms guna menciptakan ritme menyusu yang alami. Saat pemakaian pertama, pastikan melakukan sterilisasi dengan air mendidih selama 10 menit.

Advertisement

Setelahnya, botol susu ini bisa disterilisasi dengan air mendidih selama 5 menit sebelum penggunaan. Selain itu, Moms perlu memerhatikan instruksi perawatannya agar botol susu dapat awet dan bertahan lama.

Misalnya dengan tidak meletakkan botol susu di atas alat pemanas, meninggalkan botol susu di bawah sinar matahari langsung, atau sering mencuci botol susu dengan sabun yang berkonsentrasi kimia tinggi. Hal-hal tersebut bisa memicu kerusakan pada botol susu.

4.      Dr. Brown’s Natural Flow Baby Bottle

Moms pasti pernah mendengar merk botol susu satu ini. Dr. Brown’s merupakan merk botol susu yang cukup terkenal dengan botol susunya yang berkualitas. Pada Dr. Brown’s Natural Flow Baby Bottle ini memiliki teknologi sistem internal vent yang dapat dilepas pasang sesuai kebutuhan si Kecil.

Sistem ventilasi ini berfungsi untuk mengurangi jumlah gelembung udara yang tertelan si Kecil, sehingga si Kecil dapat minum tanpa berisiko perut kembung dan kolik. Botol susu ini aman digunakan berkali-kali karena terbuat dari bahan polypropylene atau PP.

Selain itu, sistem internal vent menghasilkan efek vakum yang mampu menjaga nutrisi dalam susu formula maupun susu ASI dapat dipertahankan dengan baik. Dr. Brown’s Natural Flow Baby Bottle bisa menjadi pilihan botol susu anti kolik untuk si Kecil yang baru lahir.

5.      Philips Avent Natural Baby Bottle

Moms kerap bertanya, apakah dot Avent anti kolik? Kalau masuk dalam artikel ini, jawabannya dot Avent tentu anti kolik. Dot atau teat pada botol susu ini dirancang menyerupai puting dan memiliki tekstur yang lentur.

Sifat lentur ini membantu si Kecil untuk lebih melekat pada teat, sehingga mencegah udara terhisap masuk ke dalam pencernaannya. Selain itu, botol susunya dibuat secara khusus agar lebih mudah digenggam oleh tangan mungil si Kecil.

Botol susu yang tidak mengandung BPA ini memiliki bagian leher yang lebar untuk memudahkan pembersihan botol susu.

6.      Mam Anti Colic Baby Bottle

Botol susu yang satu ini terbuat dari bahan BPA free yang tidak berbahaya bagi kesehatan si Kecil. Mam Anti Colic Baby Bottle juga aman jika disterilkan menggunakan microwave selama kurang lebih tiga menit.

Berbeda dengan botol susu biasanya, botol susu ini memiliki bagian bawah yang bisa dilepaskan. Tujuannya agar bagian bawah botol yang biasanya sulit diraih, dapat dengan mudah dibersihkan dengan baik.

Dengan teat ortodontik yang dirancang menyerupai puting susu Moms, si Kecil akan diberikan pengalaman minum susu terbaik. Teat ortodontik ini dilengkapi dengan katup khusus untuk menutup jalur masuk udara agar tidak mudah masuk ke dalam botol dan bercampur dengan susu.

Bagian bawah botol juga memiliki lubang ventilasi agar tekanan dalam botol dapat terjaga dengan seimbang.

7.      Medela Calma Baby Bottle

Terakhir adalah botol susu Medela Calma. Walaupun terdapat di nomor terakhir, botol susu ini memiliki teknologi berbeda dari botol susu lainnya. Botol susu Medela Calma memiliki teat yang berventilasi untuk mencegah perut kembung. Gas pada perut si Kecil dapat mengganggu kualitas tidurnya.

Selain sistem ventilasi, teat ini hanya akan mengeluarkan cairan jika si Kecil mengisapnya. Kelebihan ini membantu menciptakan aliran cairan yang alami, karena si Kecil sendiri yang menentukan ritme kecepatan alirannya.

Teat khusus ini juga mengikuti pola menyusu puting susu Moms, dimana si Kecil dapat mengisap, berhenti sejenak dan mengambil napas. Moms bisa memilih botol susu ini untuk mencegah tersedak dan mencegah risiko bingung puting. Ketujuh botol susu di atas memiliki kelebihan yang sama-sama bertujuan mencegah kolik dan meningkatkan sensasi menyusu terbaik pada si Kecil. Sekarang tugas Moms adalah memilih botol susu anti kolik mana yang paling cocok untuk si Kecil.

7 Pilihan Botol Susu Anti Kolik Terbaik | Makka | 4.5