Cara Kirim Paket Ke Luar Negeri, Estimasi Biaya dan Waktu Pengiriman

Mengirimkan barang keluar negeri dahulu hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja, namun seirinng dengan perkembangan zaman serta teknologi, saat ini pengiriman barang antar negara bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan tepat. Anda hanya diharuskan untuk melakukan pendaftaran, melakukan pengisian formulir serta perhitungan kurs dollar yang semuanya untuk kebutuhan bea cukai.

Terlebih lagi saat ini pengiriman paket ke luar negeri bisa dilakan secara online serta dukungan dari jasa ekspedisi dengan layanan pengiriman internasional sudah sangat banyak tidak hanya melalui darat saja bahkan laut serta udara.  Anda bisa memilih jasa ekspedisi kesayangan anda serta melakukan pengecekan tarif misalnya saja menanyakan ongkir ke hong kong untuk melakukan kroscek estimasi biaya yang harus anda siapkan.  Berikut kami ulas bagaimana cara kirim paket ke luar negeri berikut estimasi biaya serta waktu pengirimannya.

Advertisement

Ada banyak sekali jasa ekspedisi yang bisa anda pilih ketika berencana ingin mengirimkan barang atau produk anda ke laur negeri misalnya saja :

  • TNT Express
  • Pos Indonesia
  • DHL Express
  • EMS Pos Indonesia
  • FedEx
  • United Parcel Service (UPS)
  • JNE International
  • Titipan Kilat (TIKI)
  • Expedito
  • FWD Express

Jasa ekspedisi diatas melayani pengiriman barang ke luar negeri dan pengisian formulir serta kelegkapan data bisa dilakukan via online tanpa harus jauh-jauh datang ke kentor jasa ekspedisi tersebut.

Advertisement

Adapun untuk esitmasi biaya dilakukan dengan pembayaran rupiah namun dengan terlebih dahulu menyesuaikan dengan krus dollar yang berlaku. Hal tersebut karena digunakan mata uang dollar pada proses pengiriman barang antar negara, anda bisa datang ke kantor ekspedisi terkait atau mengakses secara online untuk memastikan besaran tarif yang digunakan. Hal tersebut karena tiap-tiap ekspedisi memiliki metode pemberlakukan tarif yang berbeda.

Yang perlu anda ketahui pula bahwa tarif untuk pengiriman barang ke negara satu berbda dengan dengan negera lainnya. Hal itu bisa didasarkan oleh jarak tempuh, besarnya pengiriman, beratnya pengiriman serta besaran pajak yang berlaku di tiap-tiap negara. Ada yang memberlakukan pajak pada pengirim saja, ada juga yang memberlakukan pajak untuk penerima saja, bahkan anda negara yang memberlaukan pajak pada pengirim serta penerima.  Biasanya pihak ekspedisi akan menjelaskan kepada anda agar tidak rerjadi kesalahpahaman.

Adapun estimasi atau perkiraan waktu pengiriman barang hingga sampai ke tangan penerima juga akan dijelaskan secara detail oleh pihak ekspedisi. Namun biasanya jika pengiriman barang dengan negara tujuan yaitu asia tenggara membutuhkan waktu 3-4 hari, sedangkan negara asia lainnya membutuhkan waktu pengiriman selama 4-5 hari. Namun jika pengiriman lebih jauh lagi dan mencakup antar benua, biasanya memrlukan wkatu pengiriman sekitar 1-3 minggu.

Informasi tentang cara berkirim paket ke luar negeri termasuk, estimasi biaya serta waktu yang diperlukan hingga barang sampai ke tangan penerima.  Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Cara Kirim Paket Ke Luar Negeri, Estimasi Biaya dan Waktu Pengiriman | Syella | 4.5