Cara Membuat dan Fungsi Google Form

Google form ini merupakan salah satu fitur layanan dari Google yang dapat Anda gunakan secara gratis. Google Forms adalah salah satu layanan Google yang ditujukan bagi pengguna Google untuk mengumpulkan data.

Hingga saat ini, Google Forms telah menjadi salah satu pembuat formulir online terbaik. Berikut adalah penjelasan tentang fungsi dan Cara Membuat Google Form.

Advertisement

Fungsi Google Form

Dari sekian banyak hal yang bisa dilakukan melalui google form, fungsi utama dari google form adalah untuk memberikan kemudahan bagi setiap orang yang akan mengambil data dari responden secara online.

Data masukan dari responden akan tersimpan dengan baik dan aman di ruang google drive yang dimiliki, data dapat diunduh melalui format spreadsheet atau format .CSV. Dengan format ini, data dari Google Forms dapat dibuka di komputer lokal menggunakan aplikasi office

Cara Membuat Google Form

Jika Anda memiliki situs web atau produk untuk dijual, membuat survei untuk pengguna dan pelanggan sangat penting. Anda dapat menggunakan informasi dalam survei ini untuk meningkatkan layanan Anda. Survei online adalah cara yang bagus untuk mendapatkan informasi ini.

Dengan menggunakan Google Formulir, Anda dapat dengan mudah membuat survei atau jenis formulir lainnya. Yang Anda butuhkan hanyalah Akun Google Anda dan Anda siap melakukannya. Berikut cara membuat survei dan formulir online.

Buka Google Formulir

Buka google form setelah itu anda akan di buka halaman untuk membuat form sederhana.

Advertisement

Memilih Template

Untuk membuat formulir sesuai dengan yang Anda butuhkan, Anda dapat memilih formulir kosong, klik formulir kosong untuk membuka.

Isi Judul Formulir

Sebelum melanjutkan mengisi dan membuat formulir sesuai keinginan, Anda harus terlebih dahulu membuat judul formulir agar dapat disimpan dan mudah ditemukan suatu saat nanti. Dengan mengklik Formulir Tanpa Judul.

Isi Formulir Deskripsi

Sebelum melanjutkan membuat bagian-bagian formulir, Anda harus terlebih dahulu mengisi bagian deskripsi formulir agar pengunjung formulir Anda mengerti untuk apa formulir ini harus diisi.

Menentukan Jenis Formulir

Pada tutorial kali ini saya mendefinisikan tujuan dari form ini dengan tema cara membuat form registrasi google. Maka saya akan membuat sebuah form yang fungsinya untuk mendaftarkan sesuatu. Misalnya untuk penulis blog saya.

Membuat Kolom Nama

Kemudian buat nama di kolom Urutkan jawaban. Jangan lupa untuk mengaktifkan Required pada langkah no 2. Hal ini berguna untuk menginformasikan bahwa bagian formulir nama ini harus diisi.

Membuat Kolom Domisili

Tekan ikon + untuk membuat sebuah kolom yang baru dan beri nama Alamat Domisili.

Membuat Kolom Unggah

Selanjutnya kita akan membuat form untuk mengupload tulisan yang berguna untuk seleksi pendaftaran menjadi penulis blog dengan cara mengupload karya tulis melalui google form.

Membuat Pilihan Tema Artikel

Sebagai seorang penulis biasanya memiliki passion tersendiri terhadap tema artikel yang ditulisnya, sehingga artikel yang dihasilkan lebih maksimal. Untuk itu Anda perlu membuat bagian form pilihan tema artikel untuk ditulis jika Anda berhasil diterima sebagai penulis blog.

Demikian ulasan tentang Fungsi Google Form Dan Cara Membuat semoga bermanfaat.

Cara Membuat dan Fungsi Google Form | Makka | 4.5