Ini Perbedaan Bokeh dan Blur yang Jarang Orang Tahu

Bokeh, pastinya anda semua sudah tidak merasa asing lagi mendengar kata tersebut. Dalam dunia fotografi pada saat ini istilah bokeh sepertinya sedang menjadi primadona. Hampir semua fotografer menggunakan teknik bokeh untuk hasil jepretannya. Pasalnya hasil foto yang menggunakan teknik bokeh mempunyai kesan yang lebih profesional jika dibandingkan dengan teknik pengambilan foto biasa saja.

Banyak orang yang beranggapan jika efek bokeh itu sama dengan blur. Namun sebenarnya bokeh dan blur merupakan efek yang berbeda dalam foto. Bokeh sendiri berasal dari bahasa Jepang yang terbentuk dari kata “boke” yang mempunyai arti bias, mengaburkan atau buram.

Ini Perbedaan Bokeh dan Blur yang Jarang Orang Tahu

Advertisement

Selain itu, dalam dunia fotografi bokeh juga merupakan sebuah area yang tidak terdapat cahaya, dalam artian foto yang out of focus. Untuk hasil foto dari efek bokeh ini terlihat lebih unik dan juga menarik. Biasanya efek foto bokeh digunakan untuk pengambilan foto produk.

Untuk anda yang masih merasa kebingungan tentang apa sih perbedaan antara bokeh dan blur pada foto, berikut ini akan kami ulaskan untuk anda.

Perbedaan Bokeh dan Blur Yang Jarang Diketahui Orang

Agar mendapatkan sebuah foto dengan hasil bokeh, maka anda perlu menggunakan kamera khusus dengan bukaan lensa tertentu. Pasalnya bukaan lensa atau yang terbiasa disebut dengan aperture mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjadikan foto bokeh.

Advertisement
  1. Untuk hasil foto bokeh sendiri sangat tergantung dengan besar kecilnya bukaan lensa yang dimiliki yang dikenal dengan f number.F number sendiri mempunyaibeberapa jenis diantaranya adalah f/2.8, f/2, f/1,8 dan f/1,4. Semakin besar nilai bukaan makan akan semakin menghasilkan efek bokeh pada foto. Sementara untuk menghasilkan foto blur, bisa dihasilkan dari semua kamera dan tanpa bantuan lensa khusus.
  2. Perbedaan bokeh dan blur yang berikutnya bisa dihasilkan dari perbedaan jaraknya dengan objek. Dalam hal ini jika efek bokeh membutuhkan fokus dan jarak. Sedangkan untuk foto blur tidak berpengaruh dengan jarak.
  3. Blur untuk foto yang dihasilkannya tidak fokus, bukan hanya latar belakangnya saja, namun untuk keseluruhannya objeknya juga. Sedangkan untuk bokeh objek utamanya sangat fokus, hanya buram pada bagian latar belakangnya saja.
  4. Selain beberapa point diatas, perbedaan bokeh dan blur yang selanjutnya adalah foto bokeh dihasilkan dengan kesengajaan dengan tujuan estetika. Sedangkan untuk foto blur dihasilkan dengan ketidaksengajaan seperti mengambil gambar pada saat orang berjalan dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa perbedaan bokeh dan blur pada foto yang jarang dipahami oleh orang. Untuk saat ini foto bokeh semakin banyak diminati, pasalnya foto dari efek tersebut mempunyai hasil estetika yang unik.

Bagi anda pemilik smartphone android namun ingin menghasilkan video bokeh tapi kamera tidak memiliki fitur tersebut anda bisa membaca artikel di situs aptoide.co.id.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah pengetahuan anda semua. Terima kasih

Ini Perbedaan Bokeh dan Blur yang Jarang Orang Tahu | Niena | 4.5