Intip Beragam Genre Novel Yang Popular Di Kalangan Remaja Saat Ini

Advertisement

Halo pembaca setia klikponsel! tahukah kalian membaca buku merupakan salah satu hobi yang disukai banyak orang. Hobi ini juga bisa dilakukan oleh semua orang dan semua kalangan. Selain menjadi kesenangan membaca juga banyak manfaatnya,

Mengutip dari laman halodoc.com manfaat membaca antara lain:

  1. Memperkuat otak
  2. Memperbanyak kosakata
  3. Membantu mencegah penurunan kognitif terkait usia
  4. Mengurangi stress
  5. Membantu mengurangi gejala depresi

Tentunya pembaca buku juga memiliki genre buku favorit mereka masing-masing. Sekarang ini banyak sekali pilihan buku yang dijual dipasaran, mulai dari yang  bergenre fiksi maupun non fiksi.

Genre buku non fiksi pun banyak macamnya, seperti yang disadur dari laman gramedia.com ada beberapa genre buku non fiksi yaitu:

1. Romantis

Genre buku ini paling banyak diminati oleh orang, umumnya mengangkat cerita tentang kehidupan sehari-hari (slice of life) yang  tentu saja dibumbui oleh cerita-cerita roman yang penuh drama. Alurnya biasanya sukses membikin penasaran para pembaca. Penulisan kata-katanya dibuat begitu puitis dan romantis sehingga membuat kita sebagai pembaca seringnya ikutan kesemsem, baper, sampai senyum-senyum sendiri.

2. Fanfiction

Genre yang satu ini biasanya didasarkan oleh imajinasi fans yang bercerita tentang kehidupan sehari-hari. Jadi biasanya penulis menggunakan karakter dari idola-idola yang biasanya sedang naik daun, bisa berasal dari anggota boyband, penyayi, aktor dan kalangan artis lainnya.

Beberapa buku di tulis dengan menggunakan karakter boyband-boyband asal korea yang memang saat ini sedang digandrungi oleh remaja-remaja di Indonesia.

3. Science fiction (fiksi ilmiah)

Perpaduan fiksi dan sains ilmiah yang ceritanya terbangun pada dunia modern penuh teknologi maju dan biasanya mengambil latar masa depan. Daya tarik novel ini terletak pada bagaimana imajinasi penulis memberikan keterangan secara detail suatu teknologi kepada pembaca. Sehingga para pembaca memiliki imajinasi saat membaca karya mereka.  Beberapa karya penulis selalu memberikan keterangan sedetail-detailnya teknologi yang mereka ciptakan dalam alur ceritanya agar pembaca benar-benar seperti merasakan bahwa teknologi itu nyata.

4. Fantasi

Genre ini sama dengan sci-fi, hanya saja cerita yang ada di dalamnya benar-benar membuat kita seperti masuk dalam dunia lain yang berbeda. Cerita yang dibangun biasanya memiliki suatu dunia tersendiri, jadi penulis benar-benar menciptakan suatu dunia baru dengan segala unsur mistiknya. Biasanya tokoh dan karakter dalam novel ini memiliki suatu kekuatan super. Genre ini juga selalu mengajak pembaca untuk selalu berimajinasi sehingga membuat pembaca seperti masuk kedalam dunia yang penulis ciptakan.

Advertisement

5. Thriller/Suspense/Mystery

Ketiga genre ini mempunyai tema yang sama, biasanya tentang pembunuhan, penculikan, atau tindakan kriminal lainnya. Jalan ceritanya juga melibatkan pengejaran atau pelarian, dan ada karakter yang memunculkan plot twist seru, karena banyak misteri yang terbongkar satu persatu.

Genre ini biasanya menciptakan tokoh-tokoh detektif yang cerdas dan tak terduga. Terkadang pembaca juga diajak untuk ikut menerka-nerka teka-teki yang tersusun didalam buku tersebut. Bagi penggemar genre ini tentu saja sangat menantang namun bagi sebagian orang genre ini cukup membingungkan kalau tak dibaca berulang kali.

6. Historical

History atau sejarah genre novel ini tentu saja berlatar tentang sejarah pada masa lampau, biasanya penulisan genre ini tak jarang juga dibumbui dengan fiksi-fiksi yang diciptakan penulis untuk lebih menarik minat pembaca. Biasanya ada tokoh sejarah penting yang digambarkan secara fiksi namun berdasarkan sejarah faktual. Ada juga historical romance yang menjadi sub-genre, melibatkan percintaan namun saling bertentangan dengan latar faktual. Tentu dalam penulis genre ini juga harus riset sejarah sejarah yang ada karena tak jarang pembacanya adalah para peyuka sejarah

7. Horor

Genre ini biasanya memiliki fans pembaca yang bersifat “love-hate relationship” artinya pembaca genre ini kebanyakan takut tentang horor namun disisi lain mereka juga penasaran akan kisah yang disajikan. Genre ini tentu selalu berhubungan dengan dunia ghaib mahkluk astral , atau yang berhubungan dengan mitos-mitos yang berkembang di masyarakat. Ceritanya tentu membuat para pembaca merinding disko.

8. Realistic fiction

Genre ini biasanya relate dengan kehidupan nyata, dibalut dengan kisah-kisah sederhana (slice of life), cerita yang diangkat juga seputar masalah keluarga, keuangan, percintaan pokoknya semua hal yang terjadi di dunia nyata.

Pembaca novel tentu memiliki penulis dan buku favorit mereka, Salah satu penulis fiksi yang sedang naik daun di kalangan hampir semua lini pembaca yaitu Tere Liye.

Karya-karya nya sudah termasuk sudah banyak untuk dikoleksi. Total kurang lebih 60 Karya sudah ia terbitkan, Tere Liye juga cukup sukses untuk menulis novel dengan lintas genre, tercatat beberapa genre yang ia tulis yaitu fantasi, horor, romansa, aksi, dll.

Buku-buku Tere Liye yang sudah beredar dipasaran berjumlah 67 buku diantaranya: Hujan, Hello, Sunset Bersama Rosie, Bumi Series, Pulang, Pergi, Pulang Pergi, Tanah Para Bandit, Negeri di Ujung Tanduk, dan yang terbaru Teruslah Bodoh Jangan Pintar. Semua karya beliau bisa didapatkan di toko buku offline atau online, bisa di baca dalam bentuk fisik dan digital.

Hobi membaca memang sangat bermanfaat terutama untuk otak kita, membaca buku apapun itu. Dan yang terpenting jika anda memang salah satu orang yang suka dengan hobi membaca ini maka belilah buku yang original dan di platform-patform resmi, karena sekali kita membeli karya penulis siapapun itu  yang bajakan maka sama saja anda tidak mnghargai karya beliau.

Thanks udah mampir di KlikPonsel! Stay tuned buat update seru dan tips-tips kece lainnya. Sampai ketemu lagi, Sobat KlikPonsel! Keep exploring!

Intip Beragam Genre Novel Yang Popular Di Kalangan Remaja Saat Ini | Risti | 4.5