Kelebihan dan Manfaat Pembelajaran Tematik SD

Kelebihan dan Manfaat Pembelajaran Tematik SD – Pembelajaran tingkat SD saat ini berbeda dengan jaman dulu karena pembelajaran tematik ini mencakup beberapa mata pelajaran Seperti matematika, bahasa indonesia, ppkn, sbdp dan PJOK. Dijadikan dalam satu buku tanpa membeda-bedakanya.

Nah pembelajaran tematik ini merupakan metode pembelajaran yang terintegrasi yang mana mengutamakan murid baik secara individu maupun secara barisan. Nah metode ini diharapkan agar semua murid ikut terlibat dalam pembelajaran.

Advertisement

Dengan pembelajaran ini, diharapkan mampu menghilangkan hafalan secara monoton agar murid-murid bisa lebih kreatif dan innovative. Kunci jawaban tematik akan selalu dicari beberapa orang untuk sekolah daring saat ini.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam pembelajaran tematik ini diharapkan semua murid mampu memahami pelajaran atau konsep yang diajarkan oleh guru dengan cara memberi pengalaman kepada murid-murid dengan ide terkait yang ada di pembalaran tematik untuk setiap kelasnya.

Pembelajaran tematik ini bisa menguntungkan keduanya yaitu antara murid dan guru. Nah berikut beberapa kelebihan serta manfaatnya untuk pembelajaran tematik tingkat SD:

Advertisement
  1. Pertama yaitu, para murid bisa lebih fokus ketika membahas satu topikkarena diuaraikan secara gamblang pada beberapa mata pelajaran yang berbeda yang mana dijadikan satu topic di dalam pembelajaran tematik.
  2. Kedua yaitu para murid bisa menambah wawasan dalam mata pelajaran yang berbeda dalam pembahasan satu topic yang serupa.
  3. Ketiga yaitu para murid akan mendapatkan materi yang lebih berkesan ketika melakukan pembelajaran tematik.
  4. Keempat yaitu para murid akan mampu meningkatkan kapanilitas landasan untuk menjadi lebih bagus dari sebelumnya karena dengan pembelajarn tematik, mata pelajaran yang ada di tematik disangkut pautkan dengan pengalaman pribadi.
  5. Kelima yaitu para guru akan bisa lebih mengirit waktu karena materi yang diberikan kepada murid akan disajikan secara terintegrasi jadi bisa disiapkan hingga dua sampai tiga kali tatap muka.
  6. Keenam yaitu para murid akan lebih bersemangat dalam belajar karena pembelajaran tematik ini juga menyesuaikan kehidupan nyata sehari-hari.
  7. Ketujuh yaitu pembelajaran tematik ini mampu menangani kejenuhan bagi para murid ketika pelajaran.
  8. Kedelapan yaitu aktivitas belajar yang disajikan didalam kelas benar-benar berkaitan dengan langkah perubahan anak.
  9. Kesembilan yaitu aktivitas belajar akan memberikan kesan yang sangat berarti bagi para murid, dengan demikian hasil belajar yang didapatkan oleh para murid akan bertambah dan mudah ditangkap.
  10. Kesepuluh yaitu pembelajaran tematik ini mampu meningkatkan keterampilan para murid , misalnya seperti toleransi, kerja sama, komunikasi, berakhlak dan juga mempu menerima saran dengan baik dan santun.
  11. Kesebelas yaitu mampu meningkatkan keterampilan para murid.

Itulah pembahasan kami mengenai Kelebihan dan Manfaat Pembelajaran Tematik SD. Semoga bermanfaat.

Kelebihan dan Manfaat Pembelajaran Tematik SD | Nurul | 4.5