Kenali Bussiness Model Perusahaan Perusahaan Startup

Startup merupakan perusahaan yang baru merintis atau baru beroperasi. Perusahaan yang menggunakan basis seperti ini misalnya Facebook, Bukalapak, Tokopedia, Grab, Gojek, dan lain sebagainya. Bisnis ini memiliki perbedaan dengan jenis yang lainnya. Kenali lebih jauh mengenai bussiness model perusahaan startup pada artikel ini.

Advertisement

Bisnis Startup, Apakah Itu?

Berbicara tentang startup tentunya akan selalu berhubungan dengan dunia bisnis. Salah satu hal yang kaitanya dengan bisnis adalah model dari bisnis yang digunakan. Di dalam bisnis startup terdapat beberapa model bisnis. Berikut ini informasi tentang apa saja model dari bisnis startup yang paling sering digunakan.

1. Freemium

Ini adalah gabungan dari dua istilah, yaitu free dan premium. Sesuai dengan namanya, model bisnis ini memberikan layanan secara gratis untuk konsumennya. Selain itu mereka juga menyediakan beberapa layanan versi berbayar alias premium. Fasilitas premium mempunyai fitur yang lebih lengkap dibandingkan versi gratis.

Contoh layanan yang ada di Indonesia dengan menggunakan layanan seperti ini adalah Vidio. Di aplikasi layanan hiburan ini Anda dapat menikmati berbagai film, acara TV, dan drama secara gratis. Namun apabila ingin mendapatkan layanan yang sangat banyak maka harus membayar sejumlah uang untuk meningkatkan level akun menjadi platinum atau gold.

2. Berlangganan

Advertisement

Model bisnis yang biasa disebut juga sebagai subscription ini mengharuskan penggunanya untuk berlangganan atau tidak akan mendapatkan konten secara gratis. Biaya berlangganannya biasanya dibayarkan setiap bulan. Contoh layanan hiburan yang menggunakan model bisnis ini adalah Netflix. Jika Anda ingin menonton semua acara yang ditayangkan di Netflix maka keluarkan sejumlah uang untuk langganan bulan.

3. Afiliasi

Model bisnis seperti ini digunakan untuk memperoleh keuntungan. Cara kerjanya adalah perusahaan akan menawarkan layanan untuk produk yang didapatkan dari pihak ketiga. Jika ada yang melakukan transaksi untuk membeli layanan atau barang tersebut maka perusahaan itu akan dapat komisi dalam bentuk presentasi yang sudah dijanjikan sebelumnya.

Contoh bisnis yang menggunakan model afiliasi adalah Traveloka. Semua layanan yang ada di miliki oleh perusahaan yang lainnya, seperti hotel atau penginapan. Mereka akan diberi komisi oleh perusahaan yang bekerjasama jika ada yang melakukan reservasi hotel.

4. Periklanan

Biasanya digunakan oleh beberapa website atau perusahaan-perusahaan yang menyediakan konten-konten informasi yang dapat secara gratis diakses oleh konsumen tetapi di dalam konten itu ada iklan yang disisipkan. Bisa Anda lihat di beberapa situs berita nasional seperti Liputan 6, detik, kompas, dan lain-lain.

5. On Demand

On demand adalah salah satu bisnis yang berkembang sekali di Indonesia. Dasar dari adalah model bisnis ini adalah kebutuhan dari masyarakat. Untuk dapat menjalankan model bisnis seperti ini maka Anda harus melakukan analisa jasa atau layanan yang yang sedang dibutuhkan oleh para konsumen. Contoh bisnis dengan model on-demand adalah jasa-jasa ojek online, delivery order, dan lain sebagainya.

6. E-commerce

Pada era digital banyak perusahaan yang meningkatkan penjualan dengan mendistribusikan produknya secara online, perusahaan seperti ini termasuk ke dalam bisnis e-commerce. Asal katanya adalah elektronic juga commerce yang dapat diartikan berjualan secara online. Contohnya adalah Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, dsb.

Kenali Bussiness Model Perusahaan Perusahaan Startup | nisa | 4.5