Mengenal Profesi Penerjemah Tersumpah

Profesi jasa penerjemah tersumpah memang bukanlah pekerjaan yang umum dipilih oleh sebagian masyarakat. Oleh karenanya, banyak yang tidak mengetahui tentang tanggung jawab serta deskripsi pekerjaannya. Padahal, jika ditekuni dengan serius, pekerjaan ini juga dapat memberikan penghasilan yang besar.

Apa yang dimaksud Dengan Penerjemah Tersumpah?

Advertisement

Banyak yang bertanya apakah guna mengalih bahasakan suatu  dokumen? Apakah itu merupakan suatu langkah yang penting jika identitas pribadi atau berkas yang lain?  lainnya. Tentu saja ini menjadi suatu proses yang sangat dibutuhkan terutama bagi mereka yang hendak melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Karena umumnya untuk mengajukan proses beasiswa atau pendidikan memerlukan dokumen yang diterjemahkan ke dalam bahasa negara tersebut.  Prosesnya sendiri tidak main-main tapi memerlukan jasa penerjemah tersumpah yang mengerti bagaimana seluk-beluk mengalih bahasakannya.

Sebab tidak sembarangan personal dapat langsung menerjemahkan seluruh isi dokumen tersebut ke bahasa tertentu.  Karena ada kaidah bahasa tersendiri yang bisa jadi berbeda antara satu dokumen dengan dokumen lainnya.  Antara lain dokumen kependudukan dengan dokumen yang menggunakan bahasa teknik.

Advertisement

Fungsi seseorang yang ambil profesi sebagai penerjemah tersumpah sangat banyak.  Walaupun sudah tersedia berbagai aplikasi yang dapat melakukan hal yang sama. Namun, proses penerjemahan dokumen legal tidak dapat dilakukan oleh aplikasi tersebut. Karena perlu keterampilan untuk memilih kosa kata yang tepat untuk dokumen yang spesifik.

Pasalnya, algoritma intelegensi yang dipasang pada aplikasi pengubah bahasa tersebut berbeda dengan apa yang dilakukan oleh penerjemah tersumpah. Seringkali ada pemilihan kosakata yang lebih tepat dibandingkan dengan terjemahan menggunakan aplikasi.  Selain itu juga harus mempertimbangkan pemakaian tenses dan lainnya.

Umumnya tarif yang ditawarkan oleh biro jasa penerjemah profesional sangat bervariasi. Seluruhnya disesuaikan dengan  pengalihan bahasa yang akan dilakukan. Serta seberapa banyak dokumen yang perlu di proses. Juga bergantung pada jenis dokumen yang menjadi tanggung jawab penerjemah tersumpah.

Menjadi seorang penerjemah tersumpah tidaklah mudah karena harus melalui berbagai macam tes untuk menunjukkan kemampuannya yang mumpuni dalam bidang kebahasaan.  Selanjutnya ia harus memperoleh sertifikat penerjemah tersumpah yang diselenggarakan oleh himpunan penerjemah Indonesia untuk menyatakan keahlian.

Tanpa adanya sertifikat itu maka dokumen yang diterjemahkan diragukan kualitasnya.  Terutama bagi berkas yang mengandung legalitas tinggi seperti dokumen pajak, keuangan, ijazah, dan lainnya.  Oleh karena itu wajib aturan penerjemah tersumpah untuk dokumen yang mengandung hukum.

Anda tidak perlu khawatir, apakah dokumen yang sudah diterjemahkan tersebut akan disalahgunakan atau tidak. Sebab sesuai dengan namanya tersumpah yaitu harus berani dan mampu memegang rahasia sesuai dengan kode etiknya sebagai penerjemah tersumpah. Jika memiliki kemampuan berbahasa yang baik, maka menjadi jasa penerjemah tersumpah adalah pilihan profesi yang dapat dilirik. Ikutilah berbagai tes untuk mendapatkan sertifikat diselenggarakan oleh Himpunan Penerjemah Indonesia agar kualitas dokumen yang Anda hasilkan diakui secara nasional.

Mengenal Profesi Penerjemah Tersumpah | Makka | 4.5