Pesan Duka Cita Islami yang Sepenuh Hati

Salah satu masa tersulit yang harus dihadapi oleh semua orang adalah ketika orang yang kita sayangi, orang yang sangat berharga untuk kita tidak lagi bersama kita. Perasaan sedih dan kehilangan akan menguasai kita dan kita akan cenderung masuk kedalam keadaan depresi dan kesedihan.

Pada tahap inilah kita membutuhkan dukungan emosional dari keluarga dan teman dekat. Islam adalah agama yang damai, dimulai dari gaya hidup sampai kata-kata yang di ucapkan. Kalian akan menemukan segala sesuatu yang damai mengenai islam. Agama islam yang indah sangat menekankan pada mengungkapkan kata belasungkawa dan menunjukan simpati terhadap sesama manusia. Islam mengajarkan agar kita untuk berduka cita dengan saudara-saudari kita sesuai Sunnah Nabu Muhammad (SAW).

Advertisement

Salah jika saat kita dalam keadaan yang sedih meratap dan mengeluh dengan pemikiran yang menunjukan ketidak puasan kepada Allah. Sebaliknya kita harus mengucapkan beberapa patah kata dan mengucapkan doa baik untuk almarhum. Saat kita melayat, kita diperintahkan untuk mengucapkan kalimat simpati terhadap orang yang telah ditinggalkan karena mereka sedang dalam keadaan tertekan dan sedih.

Kita harus mencoba untuk meminimalkan rasa sakit dan penderitaan orang yang ditinggalkan, selain itu kita juga harus mengingatkan yang berduka tentang berkah dan rahmat allah Yang Maha Esa. Tetapi bagaimana melakukannya? Untuk kalian yang bingung dengan kata-kata belasungkawa, kami telah mengumpulkan beberapa ucapan belasungkawa agama islam dan ide kata-kata untuk kalian kirimkan . 

Advertisement
  • Jangan pernah ingin mencari apa yang tidak bisa kalian lihat. Kehilangan keyakinan kepada Allah bukanlah solusi saat ini. Saya tahu ini akan sulit bagi  kamu. Tapi percayalah Allah akan membantumu.
  • Jannatul Mauwa benar-benar surga terindah. Semoga Allah memberinya surga ini. Dia tidak bisa salah menilai. Berdoa untuk kedamaian yang abadi untuk dirinya.
  • Sekarang dia berada dalam peristirahatan abadi. Berdoa agar Yang Mahakuasa menjadikan kuburannya sebagai bagian dari Jannah. Allah akan menjaganya dalam rahmat dan cahaya-Nya di kuburannya sampai Qiyamah.
  • Semoga Allah meningkatkan balasan kalian atas kesedihan ini. Bersikaplah murah hati atas bencana yang dialami kalian saat ini ini. Semoga Allah mengampuni semua dosa yang dilakukannya dan menempatkannya di antara semua orang yang beruntung mengikuti nabi di Jannah.
  • Setiap makhluk hidup di bumi akan merasakan kematian. Ketika kalian kehilangan orang yang tersayang hari ini, orang-orang yang kalian sayangi akan kehilangan kalian juga suatu hari nanti. Semoga jiwa yang meninggal beristirahat dengan damai di Jannah!
  • Allah akan memberinya status yang lebih tinggi di antara semua orang di sekitar orang yang kalian sayangi. Jangan khawatir. Dia akan menjaga orang-orang yang dia tinggalkan di dunia ini.
  • Setiap kali kalian kehilangan seseorang, tetap bersedih tidak akan ada gunanya bagi kalian. Allah telah mengambil apa yang menjadi miliknya. Doakan saja untuk almarhum / almarhuman. Doa kalian dapat membantunya daam tidur abadinya ini.
  • Kehilangan keyakinan pada allah SWT bukanlah solusi saat ini. saya tahu ini adalah hal  paling sulit untuk kamu, tapi percayalah allah akan selalu ada untukmu dan membantumu. 
  • Kamu telah menjadi teman baik saya, kesedihan yang saya rasakan hari ini sama besarnya dengan kesedihan yang kamu rasakan. Semoga kita semua diberikan kesabaran dan ketabahan. Semoga allah memberi almarhum / almarhumah kedamaian yang abadi sampai kiamat nanti. 

Semoga bermanfaat.

Pesan Duka Cita Islami yang Sepenuh Hati | Makka | 4.5