Sejarah Tren Fotografi Photobooth: Abadikan Kenangan Sejak Dulu

Photobooth, dengan kilatan cahaya dan hasil cetak instan, menawarkan pengalaman tersendiri dalam dunia fotografi. Lebih dari sekadar tren, photobooth ternyata memiliki sejarah panjang yang tak lekang termakan zaman. Mari bernostalgia dan mengenal perjalanan photo booth dari masa ke masa!

Awal Mula Photobooth: Mesin Pengabadian Wajah

Advertisement

Embrio kehadiran photobooth dapat ditelusuri hingga tahun 1861. Kala itu, seorang fotografer asal New York bernama Mathew Brady menciptakan “Fotografische Galerie” – ruang tertutup tempat orang bisa berfoto dengan tarif murah. Konsep ini menjadi cikal bakal photobooth yang kita kenal sekarang.

Pelopor Photobooth: Munculnya “The Automat”

Tahun 1888, dunia dikejutkan dengan kehadiran “The Automat” karya William Bulfinch. Mesin ini bisa dibilang sebagai photobooth pertama yang sesungguhnya. Dengan memasukkan koin 25 sen, pengguna bisa berpose dan mendapatkan 12 foto hitam putih instan! Penemuan ini menjadi sensasi dan hiburan tersendiri di era Victoria.

Era Kejayaan Photobooth: Menjamur di Berbagai Negara

Advertisement

Memasuki abad ke-20, photobooth kian digemari. Munculnya berbagai produsen photobooth seperti “The Photomaton” di Amerika Serikat dan “Purikura” (dari “Print Club”) di Jepang membuat photobooth menjamur di tempat-tempat umum seperti pasar malam, stasiun kereta, dan tentu saja, studio foto.

Photobooth dengan Sentuhan Modern: Digital dan Interaktif

Seiring kemajuan teknologi, photobooth berevolusi. Photobooth digital hadir dengan layar sentuh untuk menampilkan pratinjau foto dan menawarkan beragam filter serta efek menarik. Bahkan, kini photobooth bisa terhubung ke media sosial, memungkinkan hasil foto langsung diunggah ke platform berbagi tersebut.

Photobooth: Lebih dari Sekadar Tren

Photobooth tak sekadar mesin pencetak foto instan. Photobooth menawarkan pengalaman sosial yang menyenangkan. Momen kebersamaan bersama teman atau keluarga terabadikan dengan cara yang unik dan penuh gelak tawa. Hasil cetak photobooth pun menjadi kenangan fisik yang tak tergantikan di era digital yang serba ter存于 (tersimpan) dalam format virtual.

Photobooth: Abadi di Dunia Fotografi

Photobooth telah melewati berbagai era dan terus beradaptasi. Dari mesin sederhana hingga photobooth digital yang canggih, konsep dasarnya tetap sama: menghasilkan foto yang menyenangkan dan mudah dibagikan. Dengan memadukan unsur nostalgia dan teknologi modern, photobooth diyakini akan terus eksis sebagai bagian tak terpisahkan dari dunia fotografi.

Kini Anda bisa melakukan tren fotografi ini di rumah dengan menggunakan sejumlah aplikasi dan situs photobooth seperti yang ditawarkan oleh https://www.captureitphotobooth.id/.

Sejarah Tren Fotografi Photobooth: Abadikan Kenangan Sejak Dulu | Wingki | 4.5