Tips Mengendalikan Stress

Hai, sobat KlikPonsel!

Hidup di jaman sekarang gak mungkin kita tidak mengalami stres. Seberapapun bahagianya hidup kita pasti ada satu waktu kita akan merasakan stres, tertekan, bahkan depresi. Meski tak bisa dihindari kita bisa mengelola dan melalukan pencegahan agar stres ini dapat kita kelola dengan baik. Lalu apa itu stres?

Menurut UNICEF stres adalah perasaan yang umumnya dapat kita rasakan saat berada di bawah tekanan, merasa kewalahan, atau kesulitan menghadapi suatu situasi. Stres dalam batas tertentu bisa berdampak positif dan memotivasi kita untuk mencapai suatu tujuan.

Stress juga memiliki jenis dan tingkatan yang berbeda-beda. Ada beragam jenis stres seperti yang pernah tertulis di Majalah Tempo Edisi 17 Febuari 2008, Fobia, Gangguan panik, Stress pasca trauma, dan Obsesif kompulsif. Meskipun demikian stres juga bisa berdampak positif.

Lalu bagaimanakan cara kita mengelola stres agar tak berkepanjangan, berikut tipsnya.

Advertisement

Tips Praktis Meredakan Stres:

  1. Identifikasi masalah, ada kalanya saat kita merasa masalah datang  bertubi-tubi tidak ada habisya, Cobalah untuk mengurai permasalahannya. Tanyakan pada diri sendiri apa yang sebenarnya terjadi, carilah sumber penyebabnya. Terkadang sumber datangnya masalah adalah bukan karena orang lain melainkan diri sendiri.
  2. Atur jadwal Pribadi, mulai lakukan journaling untuk mengatur jadwal kita, tulislah jadwal kegiatan apa saja yang akan dilakuan untuk esok hari, dan selalu lakukan evaluasi setelah kegiatan  dilakukan, jika ada kendala dalam menjalankannya evaluasilah mengapa bisa hal itu bisa terjadi, lalu tulislah langkah selanjutnya.
  3. Berani berkata tidak, dan berhenti menjadi orang yang “ga enakan”. Mulai sekarang belajarlah untuk menolak suatu ajakan yang sekiranya kita ga mampu melakukannya, batasi diri sendiri dan tolaklah ajakan tersebut dengan sopan dan tidak terkesan menyinggung perasaan.
  4. Luangkan sedikit waktu untuk diri sendiri, waktu yang kita punyai hendaklah kita atur dengan bijaksana, aturlah waktu 24 jam yang kita punya untuk memperlakukan tubuh dan mental kita dengan seimbang.
  5. Ambil napas dalam, saat pikiran sudah penuh dan dada sudah sesak dengan berbagai masalah, cobalah diam sejenak dan ambil napas dalam-dalam dengan demikian oksigen yang masuk kedalam otak lebih banyak dan kita akan merasa lebih rileks.
  6. Tersenyum atau tertawa, percaya atau tidak gerak tubuh mempengaruhi mood yang kita rasakan. Nah, cobalah tersenyum walau saat itu hati menangis, dengan menggerakan bibir membentuk senyum akan menringankan kondisi hati yang tengah kalut. Walau tidak akan menghilangkan stress 100% namun sedikit membantu.
  7. Berpikir positif, meski terdengar klise tapi berpikir positif adalah satu satu cara untuk mengurai stress. Cobalah untuk mencari ribuan pikiran positif manakala terantuk suatu masalah.
  8. Sharing dengan teman. Pernah dengar istilah sharing is caring maka benar dengan berbagi sedikit keluh kesah kita memungkinkan beban kita akan berkurang sedikit, ada perasaan lega ketika permasalahan kita ada yang mendengarkan lebih-lebih mereka peduli dengan apa yang sedang kita hadapi. Dengan berbagi pula memungkinkan kita bisa melihat permasalahan kita dari sudut pandang orang lain. Namun tetap ingat carilah seorang teman yang benar-benar peduli dengan kita, yang dengan sukarela mau membantu dan membimbing kita dari masalah yang kita hadapi. Jika bisa carilah teman yang kiranya mengerti dan paham dengan permasalahan yang sedang kita hadapi.
  9. Makan makanan yang sehat, saat stres menghadang salah satu pelampiasan kita adalah makanan. Benar karena makanan menjadi salah satu obat stres, carilah makanan yang kamu sukai. Tapi tetap ingat, makanan yang baik untuk menangkal stres adalah makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang. Jangan sampai kita memakan makanan yang tidak baik untuk tubuh dan malah memperburuk tingkat stres kita.
  10. Olahraga, ketika olahraga tubuh menerima banyak pasokan oksigen, sehingga kita merasa sehat dan tubuh menjadi bugar kembali. Lakukan olahraga secara rutin meski tidak lama asalkan kontinuitasnya terjaga.
  11. Cukup tidur, tidur merupakan suatu kebutuhan manusia, tubuh manusia sekuat apapun itu pasti ada batasnya. Maka salah satu cara agar tubuh manusia kembali normal dan siap untuk beraktifitas kembali.
  12. Memanjakan diri sekejap, atau yang biasa kita sebut “Me Time”, banyak cara utuk memanjakan waktu untuk diri sendiri, tidak usah terlalu lama cukup 1-2 jam, maka stres akan berkurang dan mugkin saja kita menemukan solusi-solusi atas permasalahan yag sedang kita hadapi.
  13. Berteman, manusia adalah makhluk social, saat stres menghadang cobalah perluas area pertemanan. Siapa tahu kita bisa menemukan insight baru dan punya kekuatan untuk menghadapi setiap permasalahan.
  14. Mencurahkan Rasa Cinta, saat permasalahan kita hadapi tak menemui titik temu kita bisa sejenak untuk mengalihkan perhatian kita ke orang-orang yang kita cintai atau ke hewan peliharaan kita. Seringkali berinteraksi dengan hewan peliharaan dapat meredakan rasa stres kita.
  15. Mendekatkan diri ke Pencipta,  satu-satunya tempat kita mengadu saat dirasa kita akan menyerah dan tak tahu arah pulang mungkin hanya Tuhan. Maka saat stress melanda dekatkan diri kita pada Allah SWT bukan malah menjauhi-Nya.

Banyak faktor yang mempengaruhi stres. Di kota-kota besar misalnya orang-orang cenderung lebih mudah stres, hal ini disebabkan banyak hal mulai dari jalanan yang macet, biaya hidup yang semakin mahal, tuntutan pekerjaan, dan ekspektasi hidup yang tinggi. Stres itu wajar dan hampir semua manusia pasti mengalaminya. Tugas kita sebagai manusia yang berakal adalah bagaimana cara kita mengelola stres tersebut agar berdampak baik baik tubuh dan mental kita.

Tips Mengendalikan Stress | Risti | 4.5