Tips Merawat Kulit Ketiak dengan Mudah Sederhana

Bukan hanya wajah yang memerlukan perawatan. Setiap orang perlu melakukan perawatan ketiak untuk menjaga kesehatan dan tampilan area yang super lembab ini. Untuk merawat ketiak sebenarnya tidak sulit, hanya saja diperlukan pengetahuan yang tepat agar tips merawat kulit ketiak dengan mudah sederhana bisa bekerja secara efektif.

Merawat kulit sebenarnya bukan hanya perlu menggunakan produk perawatan. Agar kulit tetap sehat kulit ketiak juga memerlukan perawatan dari dalam. Contohnya seperti mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Nah, untuk tips selengkapnya ikuti pembahasan di bawah ini!

Advertisement

1. Jaga Kebersihan Area Ketiak

Tips merawat kulit ketiak dengan mudah sederhana yang pertama adalah selalu jaga kebersihan area ketiak. Sebenarnya, area ketiak sama saja dengan bagian tubuh lainnya. Area ini juga perlu dijaga kebersihannya agar tidak menjadi tempat berkembangnya bakteri atau bibit-bibit penyakit.

Menjaga kebersihan ketiak bisa dilakukan dengan rajin mandi dua kali sehari. Selain itu, usahakan untuk terus memastikan ketiak dalam keadaan kering. Ketiak yang basah atau lembab bisa menjadi sarang tumbuhnya berbagai mikroorganisme. Inilah yang menyebabkan munculnya bau badan yang tidak sedap.

2. Cukur Bulu Ketiak secara Rutin

Memastikan ketiak kering dan bersih saja tidaklah cukup. Mencukur bulu ketiak juga harus dilakukan secara rutin serta dengan cara yang tepat. Jika dirasa bulu ketiak sudah kurang nyaman, segera cukur bulu ketiak agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Advertisement

Ada beragam cara untuk mencukur bulu ketiak. Mulai dari waxing, shaving, IPL, dan sebagainya. Salah satu cara yang cukup umum digunakan untuk mencukur bulu ketiak adalah shaving. Disarankan jika ingin shaving sebaiknya menggunakan pisau cukur otomatis.

Pemakaian pisau cukur elektrik atau non-manual dapat mengurangi penekanan pisau cukur pada kulit ketiak. Jika pisau cukur terlalu menekan maka kulit ketiak rentan iritasi, lebih mudah menghitam, dan bahkan menyebabkan pertumbuhan bulu ke dalam.

Di samping itu, apapun cara cukur yang dipilih sebaiknya lakukan cukur saat kondisi kulit bersih dan tidak terluka. Dengan demikian kulit ketiak tetap sehat dan minim risiko iritasi.

3. Gunakan Produk Deodorant yang Tepat

Kini sangat mudah menemukan berbagai produk deodorant di mana saja. Jenis deodorant yang beredar pun juga mempunyai berbagai jenis. Mulai dari deodorant semprot, oles, bedak, dan sebagainya. Kira-kira produk deodorant seperti apa yang tepat?

Memilih produk deodorant yang tepat sebaiknya disesuaikan dengan masalah kulit ketiak yang dialami. Misalnya untuk mengatasi kulit ketiak yang gelap, gunakan produk deodorant yang mempunyai kandungan pemutih. Akan tetapi jika kebutuhannya adalah mengatasi ketiak bau, deodorant dengan kandungan minim bahan kimia saja sudah cukup.

4. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Terakhir, terapkan pola hidup sehat dalam keseharian. Rajin mengkonsumsi air putih, tidur teratur, dan berolahraga secara rutin dapat membantu kulit ketiak tetap terhidrasi dan sehat. Selain itu, konsumsi makanan sehat juga dapat membantu mengurangi bau badan yang berlebih, lho.

Itulah sedikit tips merawat kulit ketiak dengan mudah sederhana yang wajib diketahui. Jangan hanya perhatikan kebersihan area wajah, rawat juga kebersihan ketiak agar tampil sehat dan cerah.

Tips Merawat Kulit Ketiak dengan Mudah Sederhana | Makka | 4.5