Trik Mudah Membuat Foto Bokeh dengan HP Android

Handphone yang pada dasarnya berfungsi sebagai alat komunikasi kini makin canggih dan berkembang dengan penambahan berbagai fitur yang kian menarik.  Misalnya saja penambahan kamera berkualitas sehingga bisa membidik gambar secara jelas dan menghasilkan foto yang epik serta menarik, salah satunya adalah penggunaan efek bokeh.

Namun ternyata tidak semua ponsel bisa menghasilkan efek bokeh yang bagus karena efek ini bisa didapatkan pada ponsel dengan dua lensa dengan salah satu lensanya bersifat depth of field. Tetapi bagi anda yang memiliki ponsel dengan satu lensa saja, anda tetap bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh?  Bagaimana caranya simak tips serta trik membuat foto bokeh menggunakan ponsel android berikut ini :

Advertisement
Advertisement
  1. Dekatkan kamera dengan objek foto : syarat utama untuk menghasilkan efek bokeh yaitu dengan membuat frame menjadi penuh, bisa anda lakukan dengan cara mendekatkan objek foto yang akan dibidik dengan kamera ponsel.  Jarak antara objek foto serta kamera yang disarankan antara lain yaitu 1,5 meter sampai dengan 2,5 meter.  Jangan lupa untuk mengatur jarak latar belakang atau background. Intinya semakin jauh jarak antara atar belakang maka akan semakin bokeh efek yang dihasilkan.
  2. Hindari foto dengan latar belakang ramai : dalam mengoptimalkan foto untuk menghasilkan efek bokeh, sebaiknya hindari objek dengan latar belakang yang ramai di dalam satu frame. Pastikan objek berada dalam posisi sejajar, fokus pada objek dengan jumlah maksimal 3 item saja.
  3. Gunakan fokus manual serta tap objek : untuk manghasilkan objek foto bokeh yang maksimal lakukan tap pada objek foto yang ingin dijadikan fokus utama. Untuk beberapa smartphone, manfaatkan fitur fokus manual dengan mengatur tingkatakn blur serta jarak fokus pada smartphone. Jika perlu, aturlah rule of third serta pengaktifan grid sebagai titik acuan.
  4. Gunakan fitur lens pada google camera : pada aplikasi google terdapat fitur google camera, anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk menghasilkan efek bokeh dengan mengaktifkan lens blur. Pastikan jarak antara kamera dan objek sekitar 1,5 meter. Hal ini bisa anda gunakan untuk menghasilkan fek bokeh dengan cara yang praktis.
  5. Gunakan aplikasi ketiga : ada banyak aplikasi yang menghadirkan efek bokeh yang ada di google play atau play store.  Anda bisa menggunakan salah satu diantaranya untuk menghasilkan foto yang berkualitas dengan efek bokeh tanpa perlu repot setting lensa dan lain-lain. Aplikasi tersebut diantaranya : picsart, lens blur serta afterfocus.

Beberapa tips serta trik untuk menghasilkan efek bokeh menggunakan ponsel android tentu bisa anda coba.  Efek bokeh akan menghasilkan foto yang epik dengan nuansa yang berbeda. dapatkan juga informasi menarik lainnya di gentlemancode.

Trik Mudah Membuat Foto Bokeh dengan HP Android | Syella | 4.5