Inilah Ciri-ciri Aplikasi Android Yang Berbahaya

Inilah Ciri-ciri Aplikasi Android Yang Berbahaya – Jika anda saat ini menggunakan gadget berbasis sistem operasi Android, anda harus lebih berhati-hati dalam memilah dan memilih aplikasi yang akan digunakan pada perangkat gadget Android anda. Sistem operasi Android milik Google ini memang terkenal dengan aplikasi-aplikasinya yang begitu melimpah, setiap pengguna piranti Android akan dimanjakan dengan berbagai pilihan aplikasi yang bisa membantunya dalam beroperasi dengan gadget berbasis Android.

Dengan begitu banyaknya aplikasi yang tersedia untuk Android, khususnya di media online selain PlayStore, menjadikan aplikasi-aplikasi yang tersedia kurang memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena berbasis Open Source. Sehingga tidak jarang aplikasi yang kurang baik dan kurang aman bisa lalu-lalang di penyedia layanan download gratis selain PlayStore. Jadi, bagi anda yang ingin mengintal aplikasi pada gadget Android, disarankan untuk lebih berhati-hati dalam memilih dan memasangkan aplikasi pilihan untuk perangkat Android tersebut. Tentunya hal ini untuk mengantisipasi dan menghindari ancaman-ancaman dari aplikasi yang kurang baik dan biasanya dengan mudah bisa membawa virus atau malware yang bisa merusak perangkatnya sendiri.

Inilah Ciri-ciri Aplikasi Android Yang Berbahaya

Advertisement

Nah! Agar terhindar dari Aplikasi-aplikasi Android yang bisa membahayakan perangkat Android anda, berikut ini kami rangkum Daftar Ciri-ciri Aplikasi Android Berbahaya yang bisa anda pertimbangkan ketika akan menginstal aplikasi untuk perangkat Android. Inilah ciri-cirinya:

Advertisement

1. Tidak Tersedia di Layanan PlayStore

Sebaiknya untuk menginstal aplikasi-aplikasi Android, sebisa mungkin anda langsung mendapatkannya dari peneydia aplikasi resmi Android bernama PlayStore. Kemanan aplikasi yang terdapat pada PlayStore memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan peneydia layanan aplikasi lainnya, semisal download gratis berekstensi (.apk). Sebenarnya sah-sah saja menggunakan aplikasi android berekstensi (.apk) yang banyak tersedia di internet dan bisa didapatkan dengan cuma-cuma, namun perlu diingat bahwa tingkat risiko yang ada begitu tinggi ketika kita mencoba menggunakan aplikasi selain dari PlayStore.

2. Aplikasi Dari Sumber (Developer) yang Tidak Jelas

Sebelum anda menginstal aplikasi untuk Android, sebaiknya terlebih dahulu perhatikan sumber aplikasi tersebut dari mana atau rancangan developer mana. Jika tidak jelas atau tidak diketahui sumbernya dari mana, berati sudah bisa dipastikan aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang kurang berkualitas dan sebaiknya anda tidak menggunakan aplikasi seperti itu.

3. Lihat Jumlah Penginstalan dan Komentar

Ini menjadi salah satu tolok ukur seberapa berkualitas aplikasi yang akan kita pakai. Biasanya aplikasi yang berkualitas sudah dipakai oleh sekurang-kurangnya 1 juta pengguna dan telah mendapatkan rating 4 ke atas. Selain itu lihat pula beberapa testimoni atau komentar dari para pengguna aplikasi tersebut.

4. Izin Penginstalan Aplikasi yang Tak Biasa

Biasanya ketika akan menginstal aplikasi pada perangkat android akan ada tampilan izin pemasangan. Nah! Jika izin pemasangan tersebut mencurigakan seperti meminta rincian kontak anda dan meminta mengirimkan SMS berbayar , maka hal ini patut dicurigai. Sebaiknya hindari aplikasi yang seperti ini.

Jadi, itulah tips bagaimana cara mengetahui Ciri-ciri Aplikasi Android Mencurigakan dan Berbahaya yang bisa anda pertimbangkan ketika akan menginstal aplikasi pada perangkat Android. Semoga membantu!

Incoming search terms:

  • apk berbahaya
  • daftar aplikasi android berbahaya
  • aplikasi yang dapat merusak hp android
  • aplikasi yang membahayakan android
  • Aplikasi berbahaya
  • aplikasi berbahaya untuk android
  • aplikasi berbahaya di play store
  • daftar aplikasi berbahaya android
  • Aplikasi berbahaya android
  • aplikasi yang merusak hp android
Inilah Ciri-ciri Aplikasi Android Yang Berbahaya | Adam | 4.5